Suksesi

Dua Komisipner KPU Kolaka Mengundurkan Diri

KENDARI, BKK – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Abdul Natsir mengaku, telah menerima pengunduran diri dua Komisioner KPU Kolaka.

Abdul Rauf dan Lukman mundur karena telah memilih berkarier di dunis politik. Bahkan, keduanya sudah terdaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg).

“Kami sudah terima pengajuan pengunduran diri dua anggota kami. Dan, kami menindaklanjuti dengan keputusan pemberhentian,” ujar Natsir melalui WhatsApp, Rabu (18/7).

Selanjutnya, sambung dia, pihaknya akan melakukan verifikasi calon pengganti antarwaktu dua komisioner tersebut.

Natsir menjelasnya, seharusnya calon pengganti keduanya akan diambil peringkat enam sampai 10 dari hasil seleksi. Sayang, pada peringkat itu telah mengganti anggota KPU yang sebelumnya di berhentikan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Sehingga, kami akan verifikasi calon pengganti dari peringkat 11 sampa dengan 20 hasil seleksi,” terangnya.

Natsir mengungkapkan, salah satu bagian dari seleksi yaitu menanyakan kepada calon tentang kesiapan mereka menjadi PAW.

Ditambahkan, para calon pengganti ini harus kembali memperbaharui berkas pendaftaran mereka. Di antaranya, surat kesediaan menjadi calon PAW, daftar riwayat hidup, surat pernyataan setia kepada pancasila, UUD Negara RI tahun 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

“Kemudian, surat pernyaan tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan. Surat pernyataan tidak sebagai anggota partai politik dalam lima tahun terakhir, dan sebagainya,” pungkas Natsir. (p1/man)

To Top