Suksesi

Di Wakatobi, Dua Parpol Tak Daftarkan Calegnya

Suasana pendaftaran bacaleg di KPU Wakatobi. (FOTO:ISWANDI/BERITA KOTA KENDARI)

WANGIWANGI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah menerima berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari 14 partai politik (parpol).

“Total ada 14 partai yang mendaftarkan bacalegnya. Ada dua parpol yang tidak mendaftar,” ujar Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab, Rabu (18/7).

Dia menyebut, dua parpol yang tidak mendaftarkan caleg tersebut yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Garuda.

Sementara, 14 parpol lainnya sudah diterbitkan surat tanda terima pendaftaran. Adalah Partai Gerindra, Demokrat, Golkar, PDIP, PAN, PKS, PPP, PBB, Partai Hanura, NasDem, Perindo, Berkarya, dan PKPI.

Rajab mengungkapkan, pendaftaran caleg dibuka sejak 4 Juli dan resmi ditutup pada 17 Juli 2018, tepat pukul 24.00 Wita.

Selanjutnya, 19-21 Juli adalah tahapan penyampaian hasil verifikasi terhadap parpol. Dan, 22-31 Juli masuk pada tahapan perbaikan oleh parpol atas hasil verifikasi.

Dalam proses pendaftaran itu, ada beberapa parpol yang sempat dikembalikan berkas pendaftarannya yaitu Golkar, NasDem, PAN, dan PPP.

Rajab sedikit menyayangkan parpol datang melakukan pendaftaran dua hari jelang penutupan. Untungnya, tidak ada syarat pencalonan yang membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki.

Pada kesempatan ini pula, dia mengingatkan, calon yang masih menjabat sebagai anggota DPRD Wakatobi, dan apabila mencalonkan diri kembali melalui partai lain maka harus menyertakan surat pengunduran sebelum penetapan daftara caleg sementara (DCS). Surat pengunduran diri itu diserahkan dalam tahap masa perbaikan.

“Apabila itu tidak dilakukan bakal calon maka akan direkomendasikan ke parpolnya untuk digantikan calon lain,” pungkasnya. (k2/man)

To Top