Suksesi

Baru Tiga Parpol Daftarkan Caleg ke KPU Kendari

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh (kiri) menyerahkan berita acara pendaftaran caleg kepada Ketua Panwaslu Kota Kendari Sahinuddin. (FOTO:KASMAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Sehari jelang penutupan, baru tiga partai politik (parpol) yang daftarkan calon legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari. Pendaftaran caleg secara resmi akan ditutup hari ini, Selasa (17/7) 24.00 Wita.

Ketiga parpol itu yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Alhamdulillah, berdasarkan pengecekan dari syarat pencalonan, tiga parpol ini semua memenuhi syarat. Berarti tinggal 13 parpol yang belum mendaftar,” ujar Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh.

Dikatakan, dalam sisa waktu pendaftaran tinggal sehari ini, pihaknya terpaksa terlebih dulu memeriksa syarat pencalonan. Ini untuk mengifesienkan waktu.

“Kesepakan kami di komisioner, karena melihat waktu sisa waktu pendaftaran yang semakin singkat maka yang kita periksa pertama itu adalah hanya terkait dengan syarat pencalonan. Sementara, berkaitan dengan syarat, nanti akan menyusul,” kata Jumwal.

Jumwal mengaku, sebenarnya Partai Persatuan Indonesia (Perindo) telah mengonfirmasi akan mendaftar, tetapi tidak bisa diterima karena sudah lewat batas waktu pendaftaran yakni pukul 16.00 Wita.

“Seandainya tadi dia registrasi sebelum pukul 16.00 Wita, mungkin kita bisa terima,” tandas pria yang pernah berkarier sebagai jurnalis ini.

Pria yang beken disapa Alex ini mengimbau, bagi parpol yang bakal mendaftar hari ini, agar melakukan registrasi lebih cepat. Karena, pendaftaran hanya sampai pukul 24.00 Wita.

Dia mengharapkan, sebelum pukul 16.00 Wita, parpol sudah mendaftar. Sehingga, masa verifikasinya lebih cepat.

Sebab, sambung Alex, 13 parpol membutuhkan waktu lumayan panjang. Belum lagi, kemungkinan adanya gangguan jaringan.

“Jadi kalau jaringannya bagus, bisa langsung keluar. Tapi kalau jaringan jelek, bisa memperlambat proses,” pungkasnya. (man)

To Top