Beranda

Terima Bacaleg Usulan Parpol, KPU Kendari Terapkan PKPU Nomor 20

KENDARI, BKK- Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 tahun 2018, tetap akan menjadi pegangan KPU Kendari dalam menerima usulan bakal calon legislatif (bacaleg) partai politik (parpol) untuk Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pendaftaran KPU Kota Kendari, Asril mengatakan, pihaknya dengan tegas akan menolak usulan bacaleg dari parpol yang melanggar aturan yang dimuat dalam PKPU tersebut.

“Ini masih menjadi acuan kami dan jika ada usulan yang melanggar maka kami akan tolak,” terang Asril saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/7).

Ia menjelaskan, pada aturan tersebut menyebutkan, setiap parpol tidak dapat mengusulkan calonnya yang merupakan mantan narpidana korupsi, bandar narkoba dan pelecahan seksual terhadap anak.

Selain itu, dalam aturan ini juga memuat aturan wajib yang mengharuskan setiap parpol memenuhi keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

“Ini semua wajib untuk dipatuhi dan kami tetap berpedoman pada aturan ini, meski sejauh ini masih ada persoalan soal aturan pencalonan bagi narapidana korupsi, bandar narkoba dan pelecahan seksual terhadap anak,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya selalu menghimbau kepada seluruh parpol yang akan mendaftar agar memperhatikan aturan PKPU nomor 20 tersebut dan sebisa mungkin segera mendaftarkan diri.

“Sejauh ini belum ada pendaftar jadi kita juga belum tahu. Untuk itu kami juga berharap agar para pimpinan parpol bisa sesegera mungkin mendaftar,” tambanya.

Dikonfimasi terpisah, Sekertaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kota Kendari, La Ode Lawama mengaku, peroses penjaringan bacaleg yang dilakukan partainya tidak akan melanggar PKPU tersebut.

“Alhamdulillah, semua calon kita tidak ada yang melanggar dari aturan itu,” pungkasnya.(Cr5/nur)

To Top