Beranda

DLHK Kendari Kembali Adakan Sampan

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari kembali mengadakan sampan atau perahu yang akan digunakan untuk membersihkan tumpukan sampah di Teluk Kendari.

Pelaksana Tugas (Plt) DLHK Kendari Moh Nur Rasak mengatakan, pengadaan sampan untuk membersihkan sampah tersebut sementara berjalan. Rencananya terealisasi Agustus mendatang.

“Untuk realisasinya kemungkinan itu pada Agustus nanti karena sampan ini terbuat dari viber, jadi prosesnya agak lambat, tapi ini sudah ada,” ungkap Moh Nur Rasak ditemui, Kamis (12/7).

Sebelumnya, kata Rasak, sampan untuk membersihkan sampah Teluk Kendari telah diadakan sebanyak 10 unit.

Rencananya, di pengadaan kali ini juga akan ditambah 10 unit lagi namun keterbatasan personil yang bisa menggunakan sampan tersebut sehingga yang diadakan hanya enam unit.

“Karena yang kita adakan sebenarnya bukan saja sampannya, termasuk juga personilnya. Setelah saya hitung-hitung jika diadakan sebanyak 10 unit sampan itu terlalu banyak dan membutuhkan personil yang banyak pula,” jelasnya.

Ia merinci, per unit sampan tersebut seharga Rp 15 juta, jadi jika pihaknya mengadakan sebanyak enam unit maka memerlukan anggaran sebesar Rp 90 juta yang dianggarkan melalui Anggaran Pendaatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari.

“Kami harap dengan adanya enam unit sampan, bisa mengatasi sampah-sampah di Teluk Kendari. Karena selama ini, kami akui penanganan sampah yang terdapat di Teluk Kendari belum begitu optimal karena kami kesulitan jika air pasang,” tuturnya. (cr6/nur)

To Top