Pendidikan

Lulusan IPS dan SMK tidak Bisa Memilih Beberapa Prodi di UHO

Dr La Hamimu. (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Dalam mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) di Universitas Halu Oleo (UHO), calon mahasiswa baru harus jeli dan berhati-hati memilih program studi (prodi). Khususnya lulusan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tidak diprioritaskan di beberapa program studi (prodi).

Ketua Panitia SMMPTN UHO Dr La Hamimu mengatakan, ada beberapa jurusan di UHO yang tidak bisa menerima lulusan jurusan IPS atau SMK. Sehingga, calon mahasaiswa baru (maba) bersangkutan harus teliti dan berhati-hati dalam memilih prodi yang tidak bisa dipilih pada saat mendaftar nanti.

“Ada beberpa Prodi yang tidak bisa diambil oleh lulusan jurusan IPS dan SMK, walaupun SMK-nya kesehatan, yakni salah satunya Fakultas Kedokteran (FK). Jadi, walaupun mereka memilih prodi yang tidak dibolehkan dan sistem menerima, tapi tetap saja dalam penyeleksian yang dilakukan panitia SMMPTN dan didapatkan, maka calon maba tersebut dinyatakan tidak lulus,” urai La Hamimu ditemui, Rabu (11/7)

Ia menjelaskan, prodi yang tidak bisa diambil oleh lulusan IPS dan SMK semuanya sudah dipaparkan dan dijelaskan di dalam website pendaftaran SMMPTN di UHO.

Katanya, dalam pendaftaran nantinya ada empat pilihan Prodi yang wajib dipilih yang dikelompokan menjadi dua yakni Soshum dan Saintek.

“Untuk pilihan prodi pertama dan kedua akan muncul semua prodi yang ada di UHO dan lulusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa memilih semuanya. Pilihan prodi ketiga dan keempat akan terbatas pemilihan prodinya yang muncul hanya prodi yang sepi peminat,” terangnya. (m1/nur)

To Top