Headline

Pendaftaran MK Ditutup, Tidak Ada Gugatan Pilbup Kolaka dan Konawe

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir.

Kendari, BKK- Sampai pendaftaran ditutup tadi malam, tidak ada gugatan dari Kabupaten Kolaka dan Konawe yang masuk di laman mahkamahkonstitusi.go.id, selain perselisihan hasil pemilu (PHP) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Baubau.

Tahap pendaftaran gugatan pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota oleh Mahkamah Konstitusi (MK) resmi ditutup pada Selasa (10/7) pukul 24.00 WIB.

Tinggal pendaftaran untuk gugatan pemilihan gubernur (pilgub) yang masih dibuka sampai Rabu (11/7) pukul 24.00 WIB.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Abdul Natsir ditemui pada Selasa (10/7) berujar, satu hal penting yang perlu diingat paslon sebelum menggugat adalah Pasal 158 Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, yang mengatur ketentuan perihal selisih suara 2% hingga 0,5% (bergantung pada jumlah penduduk) dari total suara sah agar sengketa bisa dilanjutkan ke MK.

“Mekanisme penyelesaian sudah jelas di atur dalam UU, pada Pasal 158 UU Pilkada, sengketa PHP di MK haruslah memenuhi ambang batas selisih perolehan suara yang menggugat dengan hasil peringkat tertinggi, yang ditetapkan oleh KPU sebagai termohon,” anjur Ojo, sapaan akrabnya.

Pada kasus Pilwali Baubau, hasil rekapitulasi suara mencatatkan paslon nomor urut 2, AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse, mendulang 23.575 suara atau 31,11%.

Menyusul di belakangnya paslon nomor urut 4, H Yusran Fahim-Ahmad Arfa, dengan perolehan 19.923 suara atau 26,29 persen.

Posisi ketiga, paslon nomor urut 1, Roslina Rahim-La Ode Yasin, mendapatkam 18.365 suara atau 24,43 persen.

Posisi ke empat, paslon nomor urut lima, Ibrahim Marsela-Ilyas, dengan perolehan 9.417 suara atau 12,43 persen.

Posisi kelima, paslon nomor urut 3, Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail, menyabet 4.503 suara atau 5,94 persen.

Selisih suara antara pasangan AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse sebagai pemilik suara terbanyak pertama dengan pesaing terdekatnya, pasangan H Yusran Fahim-Ahmad Arfa, adalah 3.652 suara atau 4,82%.(p1/iis)

To Top