Pendidikan

Libatkan Siswa Senior dalam PLS, SMAN 4 Kendari Pilih pengurus OSIS

Suasana pemberian materi PLS yang dilakukan oleh pengurus Osis di SMAN 4 Kendari, Selasa (10/7). (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Dalam proses pengenalan lingkungan sekolah (PLS), peserta didik baru mesti memperoleh pengetahuan dan ilmu positif. Olehnya, pelaksana program di setiap sekolah tersebut mesti menunjukkan perilaku yang lebih baik.

Hal itu pun ditekankan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kendari, Ruslan, dalam pelaksanaan PLS di sekolahnya yang dimulai, Senin (9/7).

Menurut Ruslan, sikap baik yang ditunjukkan para pelaksana PLS utamanya siswa senior, setidaknya dapat memberi pengaruh baik bagi siswa baru. Makanya, siswa SMAN 4 Kendari yang dipilih untuk masuk dalam kepanitiaan tersebut direkrut dari pengurus OSIS yang dinilai dapat memberi contoh.

“Yang menjadi panitia sendiri yakni senior yang mempunyai perilaku yang baik dan menjadi panutan dan yang lainnya,” aku Ruslan ditemui, Selasa (10/7).

Terkait program yang dikembangkan dalam PLS ini, kata Ruslan, yakni berkaitan dengan sarana prasarana (sapras), cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan meningkatkan budaya sekolah.

“Jadi sekolah yang dituju tentunya mempunyai budaya yang berbeda. Inilah yang diberikan kepada siswa baru. Di mana, sekolah juga mempunyai tujuan tertentu dalam melakukan PLS, salah satunya untuk mengenali potensi diri siswa baru terkait minat dan bakatnya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang ada di SMAN 4 Kendari,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan PLS selama enam hari di SMAN 4 Kendari akan dilanjutkan dengan kegiatan perkemahan sistem blog.

“Perkemahan ini berkaitan dengan kegiatan Kepramukaan yang diatur oleh Permen yang mengacu kepada pedoman kegiatan Kepramukaan (pendidikan pramuka) yang bertujuan mencari minat, bakat serta menciptakan generasi emas yang berkarakter,” pungkasnya. (m1/nur)

To Top