Suksesi

Enam Hari Jelang Penutupan, Belum Ada Parpol Daftarkan Bacaleg

Nursalam Lada. (FOTO:ARMIN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilihan umum (pemilu) 2019 masih sepi peminat.

Sejak dibuka pada 4 Juli 2018, belum ada satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacalegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sementara, pendaftaran bacaleg akan ditutup pada 17 Juli 2018 pukul 24.00 Wita.

“Belum ada yang mendaftar, baru sebatas konsultasi. Mereka konsultasikan soal kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi,” ujar Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir, Selasa (10/7).

Natsir mengingatkan kepada parpol untuk memperhatikan syarat pengajuan bacaleg, serta syarat individu bacaleg yang akan diajukan.

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sultra Nursalam Lada mengatakan, pihaknya sedang merampungkan berkas bacaleg yang akan diajukan.

“Ada beberapa administrasi yang sementara dilengkapi oleh beberapa caleg, makanya kami belum datang mengajukan daftar caleg. Tapi jelasnya, sebelum penutupan kami akan datang mendaftar,” katanya saat ditemui di KPU Sultra.

Nursalam membeberkan, khsus DPR-RI, sudah ada 10 nama mendaftar di PDIP Sultra. Di antaranya, Hugua, Fajar Lase, Erwin Usman, dan Oheo Sinapoi.

“Target kami tentunya semua wilayah harus pimpinan DPRD.

Untuk DPRD Sultra harus sembilan kursi, supaya bisa jadi pimpinan. Kalau DPR RI, target kami tidak muluk-muluk, cukup dua saja,” katanya.

Nursalam menegaskan, masuknya Hugua dalam daftar Caleg DPR-RI bukan untuk mencari peluang lain setelah gagal di Pilgub Sultra.

“Saya kira ini bukan bentuk satu cara mencari peluang lain. Hugua adalah pengurus partai, ketua DPD PDIP, sekaligus mantan Bupati Wakatobi. Kalau dia daftar di DPR RI, artinya dia mau memperluas pengabdiannya terhadap masyarakat Sultra,” ucapnya.

Menurut Nursalam, PDIP merugi bila jika tidak mencalonkan Hugua pada Pileg 2019. Usulan itu tidak datang dari pribadi Hugua sendiri, melainkan dorongan dari partai.

“Beliau (Hugua, red) sebagai ketua DPD saya kira sangat layak untuk beliau mencalonkan. Di DPP itu, kami hanya mengusulkan, nanti DPP yang menguji layak dan tidaknya,” pungkasnya. (p1/man)

To Top