Bisnis & Ekonomi

Dinas Perumahan Butur Kembali Dapat 120 Uni RTHL dari Kementerian PUPR

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, Armin

BURANGA, BKK – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton Utara (Butur) kembali mendapatkan jatah rumah tak layak huni (RTLH) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perahan Rakyat (PUPR) RI. Sebanyak 120 unit bantuan rumah khsusus diberikan kepada Butur.

Rinciannya, sebanyak 50 sampai 70 unit rumah khusus  di bangun di Labuan Bajo, Kecamatan Wakorumba Utara. Sedangkan 50 unit rumah khusus lainnya dibangun di Petetea Kecamatan Kulisusu Utara.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Butur, Armin saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin mengungkapkan, bantuan rumah khusus di Labuan diperuntukan untuk mengganti rumah warga yang tergusur akibat pembangunan terminal penyeberangan Amolengo-Labuan. Kemudian, di Desa Petetea khusus untuk nelayan.

Armin mengakui, tim dari Kementerian PUPR telah meninjau lokasi pembangunan rumah khusus sudah masuk base line. Proyek pembangunan rumah khusus tersebut dianggarkan Rp 130 juta per satu rumah. “Jadi rumah yang dibangun itu permanen. Target rampung tahun 2019,” kata Armin, Selasa (10/7).

Dijelaskannya, untuk mendapatkan bantuan rumah khusus harus mengajukan proposal yang berisi gambaran umum penerima manfaat, lokasi tanah siap bangun. Kemudian,  jumlah kebutuhan rumah dan usulan bantuan, surat dukungan dari pemerintah Provinsi dan surat pernyataan kesanggupan dari penerima bantuan

“Adapun peruntukan bagi program rumah khusus buat para anggota TNI/Polri, masyarakat di daerah pedalaman, daerah tertinggal, nelayan, perumahan transmigrasi, korban bencana, rumah sosial untuk menampung orang lansia dan masyarakat miskin, yatim piatu dan anak telantar,” jelas Mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi itu. (cr10)

To Top