Lingkar Sultra

1.544 Warga Konkep Belum Terdaftar BPJS Kesehatan

LANGARA, BKK – Pelayanan kesehatan masyarakat menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) di masa kepemimpinan H Amrullah-Andi Lutfi sebagai Bupati dan Wakil Bupati defenitif pertama Konkep.

Sebagai bentuk keseriusan untuk menjamin kesehatan masyarakat Wawonii, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep menganggarkan sebanyak Rp 1,5 miliar untuk menjamin kesehatan seluruh masyarakat Konkep yang tidak dijamin melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ataupun APBD Provinsi Sulawesi Tenggara. Namun sejauh ini, masih terdata sebanyak 1.544 jiwa penduduk Konkep yang belum terdaftar dalam BPJS.

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep, Muh Farid menekankan kepada Pemkab Konkep terutama Dinas Sosial (Dinsos) Konkep selaku dinas terkait agar proaktif melakukan pendataan agar seluruh masyarakat bisa terjamin dalam BPJS Kesehatan.

“Dinas terkait dalam hal ini Dinas Sosial harus proaktif melakukan pendataan, istilahnya harus jemput bola, terutama di Kecamatan yang jauh dari Ibu Kota Kabupaten, Wawonii Tenggara misalnya, untuk mengurus ke kabupaten mereka harus mengeluarkan dana hingga ratusan ribu untuk biaya trasportasi dan bagi masyarakat yang kurang mampu itu tentu menjadi kendala,” katanya.

Dikonfirmasi melalui via seluler, Kapala Dinas Sosial Konkep, Muh Rustam Arifin mengatakan bahwa belum terdaftarnya seluruh masyarakat Wawonii sebagai peserta BPJS Kesehatan karena pihaknya kekurangan personil untuk melakukan pendataan secara langsung ke tingkat desa.

“Terus terang selain kekurangan peraonil untuk melakukan pendataan ke desa-desa, kami juga tidak punya anggaran untuk melakukan sosialisasi ke tingkat desa, tapi berbagai upaya alternatif sudah kami lakukan misalnya menyampaikan kepada para Kepala Desa di momen-momen tertentu untuk mendata masyarakatnya yang belum terdaftar BPJS,” katanya.

Rustam menjelaskan, dari 35.867 jiwa penduduk Konkep, telah ditanggung BPJS Kesehatannya melalui APBN sebanyak 26.668 jiwa, 2.449 jiwa ditanggung APBD Provinsi Sultra dan sebanyak 6.750 jiwa ditanggung Pemkab Konkep. (cr9)

To Top