Beranda

Tak Ada Toleransi Lagi Bagi Pedagang

KENDARI, BKK – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari, Sulkarnain menegaskan, relokasi pedagang di Eks Pasar Panjang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Tidak ada lagi toleransi untuk pedagang yang telah beberapa kali diberikan kesempatan untuk berpindah ke pasar yang telah disediakan pemerintah.

“Saya kira waktu yang kita berikan sudah cukup kepada seluruh para pedagang, yang mana sebelumnya relokasi tersebut akan kami lakukan pasca Lebaran Idul fitri,” ungkap Sulkarnain, Senin (9/7).

Menurut Sulkarnain, sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memberikan toleransi kepada pedagang untuk tetap berjualan di Eks Pasar Panjang sampai setelah lebaran. Kebijakan itu diberikan agar pedagang bisa mengumpulkan biaya dan berbenah untuk berpindah Pasar Sentral Wua-wua.

“Sekarang ini kan lebaran sudah berakhir, makanya sudah waktunya kita mengimbau kembali seluruh pedagang yang berjualan di Eks Pasar Panjang untuk segera menempati pasar resmi yang telah kita siapkan,” paparnya.

Sulkarnain menguraikan, Eks Pasar Panjang itu sendiri sebenarnya hanya tempat alternatif yang disiapkan ketika pedagang mengalami musibah kebakaran di Pasar Sentral Wua-wua beberapa tahun lalu. Olehnya, setelah pasar selesai dibangun kembali oleh Pemkot Kendari dengan fasilitas yang lebih baik, pedagang mesti kembali ke pasar yang dikenal dengan sebutan Pasar Baru itu.

“Saya kira sayang sekali jika pasar yang kita bangun dengan begitu mewah dan bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat kita yang berbelanja justeru tidak digunakan dengan baik,” paparnya.

Terkait dengan rencana penertiban pedagang tersebut, lanjut Sulkarnain, pihaknya telah melakukan rapat bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) agar proses relokasi berjalan sebagaimana mestinya.

“Pedagang yang akan menempati Pasar Sentral Wuawua ini akan diprioritaskan bagi pedagang yang menjadi korban kebakaran, selebihnya akan kita atur sedemikian rupa,” ujarnya.

“Soal biaya sewa di Pasar Sentral Wua-wua yang tinggi ini akan kita diskusikan lagi. Kebijakan pemerintah ini kan juga untuk kepentingan masyarakat kita dan tentu kita akan melahirkan solusi yang terbaik untuk masyarakat kita,” tutupnya. (cr6/nur)

To Top