Headline

Seleksi CPNS, Pemprov Segera Membuka Tahap Penerimaan Berkas

Nur Endang Abbas. (FOTO:KASMAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menggulir tahapan seleksi penerimaan peneriman calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

“Sebenarnya akhir Juni sudah ada penetapan penetapan formasi. Namun, untuk mengantisiapsi penilaian bahwa penerimaan PNS ini untuk kepentingan pemilihan kepala daerah (pilkada), sehingga ditunda,” terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra Nur Endang Abbas, Senin (9/7).

“Ditunda sampai pilkada selesai. Tetapi proses input untuk kebutuhannya semua sudah dimasukkan. Besok (hari ini, red) kepastian kapan waktu penerimaan berkas,” katanya.

Pemprov Sultra telah menetapkan kuota CPNS yang bakal diterima tahun ini sebanyak kurang lebih 150 orang.
Mereka akan mengisi formasi sesuai dengan kompetensi bidang yang menjadi prioritas Pemrov Sultra.

“Kuota CPNS lingkup Pemprov Sultra dipastikan ada tahun ini,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra Nur Endang Abbas, Senin (9/7).

Sedianya, sambung dia, pemprov bakal menerima sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun tahun ini yakni 400 orang.

“Tapi, kita melihat juga anggaran. Kalau habis semua untuk belanja publik, pembangunan yang lain tidak bisa terlaksana. Makanya, (pemprov) hanya mengusulkan kurang lebih 150 orang,” terang Endang.

Selain pemprov, ia menambahkan, ada beberapa kabupaten atau kota juga yang bakal melakukan seleksi penerimaan CPNS. Bahkan, kuota yang dimiliki kabupaten atau kota lebih banyak dibandingkan pemprov.

“Kabupaten dan kota banyak. Karena, kalau kita hanya yang terkait dengan penetapan formasi ini, tidak hanya soal kebutuhan saja tetapi terkait dengan prioritas-prioritas pembangunan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Endang mengkau, sebenarnya Sultra memiliki kekurangan guru sebanyak 3.000 orang lebih.

“Namun, kalau kita semua mau isi guru, itu nanti tenaga yang lain tidak bisa terkaver. (Kuota) 150 sekian itu kita sudah bagi habis sesuai dengan visi misi pemprov,” pungkasnya. (man)

To Top