Beranda

Maksimalkan Pelayanan Puskesmas, Pemkot Kendari Adakan 11 Mobil Ambulans

Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain menyerahkan mobil ambulans untuk 11 puskesmas di Kendari, Senin (9/7). (NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengadakan mobil ambulans untuk 11 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Hal ini diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada warga setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari sulkarnain mengakui, sebanyak 15 puskesmas yang ada di Kendari, seluruhnya telah memiliki mobil ambulans. Namun, demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya melakukan penambahan.

“Makanya hari ini (kemarin, red) kami menyalurkan 11 unit mobil ambulans ke puskesmas di Kota Kendari. Mobil ambulans yang kami salurkan tersebut sangat sesuai standar,” ungkap Sulkarnain kepada awak media usai memimpin upacara di Kantor Wali Kota Kendari, Senin (9/7).

Demi mengoptimalkan pelayanan kesehatan, akunya, tahun mendatang pihaknya akan kembali mengadakan empat unit mobil ambulans untuk puskesmas yang belum menerima ambulans di pengadaan kali ini.

Lebih jauh dikatakannya, saat pencalonannya bersama Wali Kota Kendari non aktif, Adriatma Dwi Putra, salah satu janjinya di masa-masa kampanye yakni akan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga Kendari. Olehnya, hal itu berupaya diwujudkan agar masyarakat tidak kecewa.

“Saya bersama Wali Kota Kendari non aktif Adriatma Dwi Putra bertekad untuk memenuhi seluruh janji-janji kita kepada masyarakat Kota Kendari. Kami harap janji-janji itu satu per satu bisa kami wujudkan untuk masyarakat kita,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum menyebutkan, 11 puskesmas yang menerima tambahan mobil ambulans tersebut yakni Puskesmas Nambo, Abeli, Poasia, Mokoau, Lepo-lepo, Mekar, Puuwatu, Labibia, Jati Raya, Kandai, dan Kemaraya.

“Nantinya 11 mobil ambulans ini akan terkoneksi dengan seluruh rumah sakit di Kota Kendari,” kata Rahminingrum
Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Lepo-lepo dr Asmira mengatakan, dengan adanya penambahan mobil ambulans tersebut pihaknya akan berupaya semakin memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada warga.

“Jika masyarakat dalam kondisi darurat dan memerlukan jasa mobil ambulans, maka petugas kami yang akan datang ke rumah warga tanpa dipungut biaya,” aku Amira.

Terkait tenaga supir yang akan mengemudikan mobil ambulans tersebut, kata dia, pihaknya akan berupaya dan mencari supir tambahan agar kedua mobil ambulans yang dimiliki Puskesmas Lepo-lepo bisa difungsikan dengan baik.

“Khusus di Puskesmas Lepo-lepo, dua mobil ambulans sebenarnya sudah cukup. Karena, kita di puskesmas Lepo-lepo permintaan masyarakat itu selain mobil, mereka biasanya meminta bantuan ke kami untuk mobil jenazah,” ujarnya. (cr6/nur)

To Top