Suksesi

Parpol Diimbau Tidak Mendaftarkan Bacaleg di Hari Akhir

La Ode Abdul Natsir

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau, partai politik tidak membawa dokumen persyaratan pengajuan bakal calon legislatif (bacaleg) di hari terakhir pendaftaran.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir meminta, parpol dapat memaksimal waktu pendaftaran yang sudah dibuka sejak 4 Juli, dan akan berkhir 17 Juli 2018.

Dia mengimbau, parpol tidak menunggu sampai waktu terakhir. Sebab, dikhawatirkan akan kesulitan melakukan perbaikan bila ada dokumen yang belum memenuhi syarat.

“Baik itu syarat pengajuan pencalonan atau dokumen syarat calon. Terutama dokumen syarat penganjuan calon yang misalnya masih bisa diperbaiki. Jadi jangan last minute lah nanti baru mereka datang mendaftar,” kata Natsir saat ditemui usai pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Sultra di Wonua Monapa, Minggu (8/7).

Pria yang akrab disapa Ojo ini menambahkan, jika parpol mendaftar lebi awal maka akan lebih awal juga diketahui dokumen-dokumen yang harus dilengkapi. Terlebih masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan.

Ojo meminta, parpol tidak mengajukan bacaleg melebihi 100 persen jumlah kursi di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Selain itu, keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

“Kemudian menyertakan pakta integritas, bahwa bacaleg yang diajukan tidak ada mantan terpidana bandar narkoba, mantan terpidana kasus kejahatan seksual terhadap anak, dan mantan terpidana korupsi,” tegasnya. (p1/man)

To Top