Pendidikan

FHIL UHO Berikan Pemahaman Pentingnya Hutan Rakyat

Penyuluhan yang digelar dosen dan mahasiswa FHIL UHO di Kelurahan Gunung Jati, Sabtu (7/7). (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Pengembangan hutan rakyat kini menjadi hal penting untuk dilakukan karena dapat memberikan banyak manfaat, baik dari aspek lingkungan maupun ekonomi. Hal ini pun berupaya disosialisasikan pihak Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) dengan terus berupaya memberikan pemahaman kepada warga.

Seperti yang dilakukan, Sabtu (7/7), pihak FHIL UHO melakukan penyuluhan kepada warga Kelurahan Gunung Jati Kota Kendari. Kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa tersebut mengangkat tema ‘Strategi Pengelolaan Hutan Rakyat untuk Menjaga Stabilitas Sumber Daya Air di Kelurahan Gunung Jati Kendari’.

La Ode Agus Salim MandoS Hut MSc selaku koordinator kegiatan mengatakan, penyuluhan tersebut bertujuan memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya pengembangan hutan rakyat. Ke depan, masyarakat diupayakan mampu memahami dan ikut melestarikan keberadaan hutan rakyat yang dapat memberikan hasil dalam bentuk jasa lingkungan.

“Tentunya, kegiatan ini juga memberikan mahasiswa sebagai sarana untuk lebih memahami implementasi pengelolaan hutan rakyat di lapangan dalam hal ini di Kelurahan Gunung Jati, menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Pelestari Hutan (KTPH) dan mahasiswa pun dapat memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan hutan rakyat, sehingga di dalam setiap tarikan nafasnya selalu memikirkan dan mengaktualisasikan kelestarian hutan,” ujar Agus.

Ia berharap, penyuluhan ini tidak saja menjadi pengetahuan belaka, akan tetapi merupakan jembatan bagi masyarakat untuk memberikan kontribusi yang begitu besar dalam melestarikan hutan rakyat sebagai pengatur tata air (hidroorologis), penyedia oksigen (oxygen suplier), penyerap karbon (carbon storage), mencegah banjir dan mengedalikan erosi, dan sumber pakan lebah madu. (m1/nur)

To Top