Beranda

Waspada Penyakit Akibat Musim Hujan, Warga Diimbau Jaga Kebersihan

Sumarni. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Saat musim penghujan tiba, berbagai penyakit rentan diderita warga seperti demam, gangguan pernafasan, DBD, dan diare. Seperti yang terjadi di Kota Kendari, sejak diguyur hujan mulai awal Juni lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat sudah menangani banyak kasus dari sejumlah jenis penyakit tersebut.

Sejak Juni lalu, RSUD Kendari mencatat penyakit terbanyak diderita warga akibat musim hujan adalah demam typoid sebanyak 27 kasus.

“Demam typoid ini sebenarnya salah satu penyakit saluran cerna, yang proses penyebabnya biasanya lewat air yang sudah tercemar dan makanan yang kita konsumsi. Cirinya sebenarnya seperti demam biasa pada umumnya, yakni mual dan sakit kepala,” papar Kepala Bidang (Kabid) Penunjang Non Medik RSUD Kendari Sumarni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/7).

Untuk mencegah demam typoid ini, kata dia, sebenarnya sangat mudah sekali, yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan saja.

Selain demam typoid, RSUD Kendari juga banyak menangani penderita demam berdarah dengue (DBD) yang berjumlah 26 kasus, kemudian infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sebanyak 15 kasus, serta diare yang juga tercatat 15 kasus.

“Keempat penyakit ini memang sangat mudah terjadi saat musim hujan seperti sekarang ini. Misal, penyakit DBD itu disebabkan karena pada saat musim hujan biasanya perindukan nyamuk aedes aegypti akan bertambah yang disebabkan karena banjir dan banyaknya sampah,” ungkap Sumarni.

Sebelumnya, kata dia, pada Mei lalu, DBD yang paling banyak dirawat di RSUD Kendari yakni sebanyak 53 kasus, selanjutnya demam typoid sebanyak 23 kasus, ISPA dan diare sebanyak 13 kasus.

“Olehnya, kami mengimbau warga tetap menjaga kebersihan, karena sekali pun hujan kalau kita tetap menjaga kebersihan lingkungan kita maka penyakit ini tidak akan menyerang kita. Selain itu, kebersihan minuman dan makanan kita juga mesti dijaga kebersihannya,” sarannya. (cr6/nur)

To Top