Beranda

Berupaya Ciptakan Lulusan yang Siap Kerja, FHIL UHO Siap Terapkan Kurikulum KKNI

Suasana pemberian materi dalam Lokakarya Kurikulum di Jurusan Kehutanan FHIL UHO. (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar lokakarya mendukung pengembangan Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Kegiatan ini dilaksanakan Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) UHO.

Ketua Panitia Kegiatan Umar Ode Hasani SP MSi mengatakan, kurikulum berbasis KKNI berupaya diterapkan agar lulusan yang dihasilkan mempunyai kompetensi yang diharapkan. Baik terkait pengetahuan, keterampilan, sikap dan etika, semuanya sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

“Revisi kurikulum sudah pasti dilakukan. Tentunya disesuaikan dengan perkembangan dunia kerja. Sehingga, menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang diharapkan,” ujar Umar, Kamis (5/7)

Dikatakannya, kalau tidak dilakukan revisi kurikulum tentunya daya saing alumni tidak akan memiliki kompetensi dan tidak mempunyi daya saing dengan alumni-alumni yang lainnya. Makanya, dalam lokakarya tersebut ikut dihadirkan pihak perbankan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta perusahaan yang terkait dengan kehutanan.

“Insya allah lokakarya kurikulum ini kita akan terapkan pada ajaran 2018/2019. Jadi kurikulum lama diperbaharui sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Di mana, kurikulum sendiri biasanya diperbaharui 4 sampai 5 tahun, baru ditinjau kembali bahan ajarnya disesuaikan dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi maupun lapangan pekerjaan yang akan datang,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung penerapan revisi kurikulum berbasis KKNI itu, pihaknya terus melakukan perbaikan baik sarana prasarana, tenaga pendidik dan berusaha meningkatkan akreditasi.

“Saya berharap, dengan adanya kurikulum ini kemampuan alumni nantinya dapat bersaing dengan alumni-alumni yang lain pada pencarian lapangan kerja kedepan. Sehingga, dimana pun kita berada, alumni kita harus mampu bersaing untuk itu,” pungkasnya.

Diketahui, pemateri dalam lokakarya ini berasal dari Universitas Hasanuddin (Unhas) yang meberikan gambaran mengenai pembuatan kurikulum berbasis KKNI yang luarannya dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap alumni Fakultas Kehutanan UHO ke depan. (m1/nur)

To Top