Pendidikan

UHO Buka Pendaftaran Jalur SMMPTN Pekan Depan

KENDARI, BKK – Setelah sukses menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Halu Oleo (UHO) akan kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Pendaftaran dibuka pekan depan mulai, Senin (9/7), sampai dengan, Sabtu (14/7).

Ketua Panitia pelaksana SMMPTN Dr La Hamimu menjelaskan, jalur SMMPTN ini berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN. Di mana, calon mahasiswa yang lulus melalui jalur ini akan dikenakan uang pangkal (uang pembangunan) yang besarannya berbeda-beda di setiap fakultas.

“Besaran dan kecilnya uang pangkalnya sendiri tergantung seberapa favoritnya fakultas (tempat mahasiswa bersangkutan lulus). Semakin favorit fakultasnya maka semakin mahal uang pangkal yang dikenakan seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi dan yang lainnya,” ujar La Hamimu, Rabu (4/7).

Ada pun besaran uang pangkal tahun ini, diserahkan kepada program studi (prodi)masing-masing fakultas. Dalam proses penentuannya, prodi melihat berbagai aspek, salah satunya sarana prasarana prodi bersangkutan dan nantinya Rektor UHO yang akan memutuskan apakah diterima atau tidak.

“Tahun sebelumnya, uang pangkal untuk kedokteran minimal Rp 150 juta dan Farmasi Rp 20 juta. Diperkirakan tahun ini akan lebih tinggi ,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, uang pangkal tersebut sebenarnya akan dikembalikan lagi kepada mahasiswa. Tentunya dalam bentuk fasilitas yang akan digunakan dalam proses pekuliahan nanti.

Dalam SMMPTN itu sendiri, lanjutnya, UHO membuka pendaftaran di semua prodi. Kuotanya akan ditetapkan setelah pendaftaran ulang dan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa yang lulus SBMPTN baru-baru ini.

Diketahui, SNMPTN mempunyai kuota 50 persen, SBMPTN 30 persen dan SMMPTN 20 persen dari jumlah kuota yang disediakan UHO sebanyak 8.640 orang. (m1/nur)

To Top