Aktualita

Presiden Bajau Indonesia Imbau Warganya Waspada Cuaca Ekstrem

Presiden Suku Bajau Indonesia Abdul Manan. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Intensitas hujan, gelombang air laut yang tinggi yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra) akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat, salah satunya Presiden Suku Bajau Indonesia.

Presiden Suku Bajau Indonesia Abdul Manan mengimabu masyarakat bajau agar senantiasa memperhatikan cuaca ekstrem dan gelombang besar guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Di samping mempunyai kemampuan dalam memprediksi cuaca yang akan terjadi, tentunya juga harus ditunjang dengan informasi disajikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” ujarnya.

Informasi BMKG, sebut dia, sangat penting diperhatikan mengingat kondisi cuaca yang sangat berubah-ubah dan perubahannya yang sangat cepat, sehingga sangat berbahaya apabila tidak memperhatikan hal-hal tersebut.

“Apalagi, dengan perubahan iklim sekarang, kondisi itu semakin hari semakin buruk. Untuk itu, sekali lagi saya mengimbau kepada seluruh nelayan utamanya nelayan bajau agar tetap berhati-hati di dalam melakukan mata pencahariannya di laut,” ujarnya.

“Menurut sebuah penelitian tahun 2000, suku bajau yang tersebar di Sultra sendiri berkisar 350.000 jiwa. Mungkin sekarang lebih besar lagi,” ungkapnya.(m1/iis)

To Top