Headline

Kota Kendari Milik Ali Mazi-Lukman Abunawas

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh.

Kendari, BKK- Komisi Pemilihan Umum Kota Kendari sudah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018.

Dalam pleno yang digelar Rabu (4/7), pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) mengoleksi 46% suara, Asrun-Hugua (Berkah) mendapat 30,4% suara, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (RM-SK) meraih 23,6% suara.

Perolehan ini membenarkan hasil survei the Haluoleo Institut (tHI) dan Jaringan Suara Indonesia (JSI) yang melakukan quick count Pilgub Sultra pada hari pemungutan suara 27 Juni lalu.

Kedua lembaga ini sama-sama mencatatkan pasangan Aman dominan di 9 daerah, salah satunya Kota Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Shaleh ditemui usai pleno menjelaskan, rekapitulasi hasil penghitungan suara itu diperoleh dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 10 kecamatan di Kota Kendari.

Ia merinci, berdasarkan DB 1 KWK yang ada, jumlah suara tidak sah sebesar 1.773 dan jumlah suara sah sebanyak 132.305. Total berjumlah 134.078 suara.

Sesuai jadwalnya, kata dia, hasil rekapitulasi suara yang telah disahkan oleh KPU Kota Kendari akan diserahkan ke KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 9 Juli nanti, pada saat pleno rekapitulasi suara pilgub di tingkat povinsi.

“KPU sangat mengapresiasi seluruh penyelenggara, baik tingkat KPPS, PPS, dan PPK yang sudah bersusah payah dengan sungguh-sungguh menyelesaikan tugasnya.”

“Begitu juga dengan Panwas Kota Kendari, yang turut membantu dalam proses pengawasan. Meski ada PSU (pemungutan suara ulang) yang terjadi di 4 TPS (tempat pemungutan suara), namun itu terlaksana dengan baik,” katanya.(p1/iis)

To Top