Headline

Besok BKD Kirim Kuota CPNS Di Kemenpan-RB

 

Kepala BKD Sultra, Nur Endang Abbas (YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, akan mengirim daftar kuota CPNS 2018 ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Rabu (23/5).

“Jadi kami akan usulkan formasi CPNS zero growth, artinya berdasarkan berapa yang pensiun di daerah, baru itu yang diusulkan, misalnya Pemprov 412 orang, yang kita usulkan hanya 160 orang,” kata Kepala BKD Sultra Nur Endang Abbas saat ditemui di Kantor Gubernur Sultra, Senin (21)

Tapi, kata dia, kabupaten/kota lain, mereka mengusulkan sesukanya, misalnya ada yang hanya 22 orang yang pensiun, mereka mengusulkan 500 orang, padahal itu sesuatu yang tidak rasional.

“Sehingga saya koordinasikan dengan Kemenpan bahwa Daerah Otonomi Baru (DOB), bisa tidak berdasarkan Batas Usia Pensiun (BUP), tapi berdasarkan pegawai dan penduduk serta berapa presentasi antara jumlah penduduk dan pegawai, jadi berapa nanti yang akan dieksekusi,” katanya.

Tapi, kata dia, sampai sekarang belum ada jumlah yang pasti, karena ternyata pemahaman pemerintah kabupaten/kota bahwa berdasarkan formasi yang lalu.

“Kalau berdasarkan formasi itu, pemprov 700 sampai 800 kalau daerah 1000 samapi 2000 orng, tapi ternyata berdasarkan BUP, jadi semuanya berubah,” katanya.

Pengusulan formasi CPNS ini tidak hanya berdasrkan berapa yang pensiun pengadaan pegawai, tapi melihat bagaimana melaksanakan management Aparatur Sipil Negara (ASN). Artinya seberapa besar kontribusi seorang ASN dalam rangka mencapai atau mendudkung rencana pembangunan prioritas daerah.

“Misalnya Wakatobi, pariwisata ada nda dia usulkan CPNS di bidang pariwisata yang di usulkan, misalnya percepatan infrasturktu, pendidikan berapa persen yang diusulkan itu yang dilihat,” katanya.

Tidak hanya sekedar pesanan untuk buka formasi, tapi dilihat dari BUP dan prioritas pembangunan daerah tersebut.

“Jadi besok saya kasi waktu jam 3 sampai jam 5 untuk di berikan ke kami jumlah CPNS nya masing-masing berapa, karena hari Rabu (23/5), kami akan kirim di Kemenpan-RB untuk dipresentasekan, dan hasilnya nanti akhir Mei keluar,” tutupnya. (m2/lex)

To Top