Pendidikan

PPDB Sistem Zonasi, Dikmudora Kendari Pastikan tak Ada istilah Letjen

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita. (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari akan tetap menerapkan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019, khususnya untuk tingkat SD dan SMP.

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita mengungkapkan, PPDB ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 17 tahun 2017 yang sudah berlaku sejak 2017 yang lalu.

“Sistem zonasi ini berdasarkan Permendikbud nomor 17 tahun 2017 tentang sistem PPDB. Dalam artianya, sistem penerimaan siswa berdasarkan zonasi,” kata Sartini baru-baru ini.

Dijelaskannya, zonasi ini merupakan upaya pemerataan pendidikan. Melalui program tersebut, pemerintah berupaya memudahkan calon siswa tidak perlu lagi jauh-jauh bersekolah. Di samping itu, tidak ada lagi istilah sekolah favorit yang biasanya lebih banyak peminat.

“Dalam penerimaan PPDB ini, tidak ada istilah lewat jendela (letjen atau PPDB tidak sesuai prosedur). Semua mengacu dan berpegang teguh kepada aturan dan ketentuan-ketentuan yang berlaku terkait dengan proses seleksi siswa melalui sistem zonasi,” ujarnya.

Diketahui, jadwal pendaftaran siswa baru di Kendari sendiri akan diumumkan melalui website resmi PPDB Kota Kendari pada laman pendaftaranonline.web.id. (m1/nur)

To Top