Beranda

Sejumlah THM Mengaku Belum Tahu Ada Larangan Jual Minol H-3 Ramadan

KENDARI, BKK- Saat dirazia, sejumlah tempat hiburan malam (THM) mengaku belum mengetahui adanya surat edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari berkait larangan penjualan minuman beralkohol.

Kasus ini banyak ditemukan tim yustisi yang merupakan gabungan petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) saat menyisir tempat hiburan malam, antara lain Bangi Kopi, Spazio, Karaoke Delta, Winstar, Wixsel Hotel, dan UD Dea.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Disperindag Kota Kendari Ida Rianti mengatakan, operasi THM dilakukannya berdasarkan Surat Edaran Nomor 300/1618 tentang Operasional Rumah Makan, Restoran Selama Bulan Suci Ramadan.

“Surat edaran ini kami sudah layankan kepada pihak outlet, distributor, dan penjualan langsung, untuk tidak melakukan penjualan minuman beralkohol pada H-3 Ramadan dan H+3 Lebaran,” jelasnya, sebelum Ramadan.

Operasi Selasa malam di Bangi Kopi dan Winstar didapati pengunjung sementara mengkonsumsi minuman beralkohol (minol).

“Kami akan memanggil pemilik Winstar Hotel untuk datang menandatangani surat pernyataan. Karena karyawan Winstar Hotel bedalih belum mengetahui adanya surat edaran yang telah kami layankan sebelumnya,” ujarnya.

Lebih jauh, tutur Ida, sesuai peraturan daerah (perda) dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20 Tahun 2014, bahwa H-3 Ramadan dan H+3 Lebaran baru bisa melaksanakan aktivitas jual beli minol.

“Apabila didapatkan, maka THM yang bersangkutan akan dikenakan sanksi berupa pembekuan izin atau bahkan pencabutan izin,” paparnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap THM selama bulan Ramadan.

Kepala Satpol PP Amir Hasan menambahkan, operasi ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari instruksi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain tentang penutupan THM sementara di bulan suci Ramadan.

“Untuk menghargai orang-orang yang beragama Islam dalam menjalankan ibadah puasa,” tambahnya.

Ia berjanji, pihaknya akan terus melakukan monitoring terhadap THM dan warung makan. (cr6/iis)

To Top