Lingkar Sultra

Jalan Provinsi Rusak Parah, Tujuh Desa Terisolasi

Kondisi jalan provinsi yang menghubungkan antara Kecamatan Purehu dan Kecamatan Batu Putih yang rusak parah. (FOTO: MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Program Pemerintah Pusat untuk membangun infastruktur yang memadai belum dirasakan dengan baik masyarakat Kolaka Utara di beberapa desa. Pasalnya jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Purehu di Kolaka Utara (Kolut) rusak parah. Akibatnya, tujuh desa terisolasi.

Selain terisolasi, jalan dengan panjang enam kilometer ini telah rusak parah sejak 5 tahun lalu. Selain itu jalan ini rawan kecelakaan, sebab berada di dataran tinggi dan terjal. Akibatnya harga kebutuhan pokok menjadi mahal.

Anggota Komisi III DPRD Kolut, Buhari  mengungkapkan pihaknya sangat menyayangkan lambatnya Pemerintah Provinsi Sultra memperbaiki jalan yang tidak dapat lagi dilalui kendaraan roda empat itu.

“Rusaknya sangat parah jangankan mobil mau lewat, motor saja sudah susah untuk melewatinya. Bahkan hampir tiap hari terjadi kecelakaan. Ini sangat membuat masyarakat menderita,” jelas Buhari, baru-baru ini.

Menurut Buhari, sebenarnya ada jalan lain yang dapat dilalui, yakni jalan kabupaten. Namun, kondisinya juga rusak parah dan jarak tempuhnya puluhan kilometer.

“Saat ini musim penghujan membuat jalan makin rusak parah, ini berimbas pada meningkatnya harga kebutuhan pokok,” kata Buhari.

Buhari menegaskan, pihaknya secara resmi telah menyampaikan ini pada pemangku kepentingan di provinsi sejak 3 tahun yang lalu. Namun hingga kini jalan tidak pernah diperhatikan.

“Pengaspalan dilakukan Tahun 2012 lalu, namun saat itu hanya berjalan kurang dari enam bulan jalan sudah rusak. Ini diduga kualitas aspal asal-asalan yang dikerjakan kontraktor saat itu,” ujar Buhari.

Buhari berharap Pemerintah Provinsi Sultra memberikan perhatian pada jalan itu. Anggota DPRD Provinsi dari Dapil Kolaka Utara ini merasa prihatin dengan jalan tersebut, karena semakin lama warga sekitar menjerit dan terisolasi. (cr11)

To Top