Suksesi

PDIP Sultra Mulai Buka Pendaftaran Caleg

Ilustrasi

Kendari, BKK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai membuka pendaftaran calon legislatif (caleg). Penjaringan dilakukan sebulan penuh dalam Mei 2018 ini.

Wakil Sekretaris Bidang Eksternal DPD PDIP Sultra Abriaman Mallepe mengatakan, dalam tahapan penjaringan dan penyaringan, ada tolak ukur yang akan digunakan. Di antaranya, lama berkader, kemudian sekolah partai yang pernah diikuti, serta prestasi.

“Yang melakukan penilaian adalah Dewan Pimoinan Pusat (DPP) PDIP. Kami hanya mengirimkan berkas nama-nama setelah berkasnya sudah rampung. Setelah itu, akan dilakukan tes psikologi kemudian pada September mendatang berkasnya akan dikirim ke KPU,” jelas Abriaman Mallepe saat ditemui di Sekretariat DPD PDIP Sultra, Selasa (8/5).

Penilaian yang dilakukan, lanjutnya dia, untuk mendapatkan nomor urut. Tetapi mekanisme yang ada di PDIP, ketua, sekretaris, dan bendahara, mendapat perlakuan khusus.Mereka diprioritaskan mendapat nomor urut 1.

“Tapi itu di lain dapil (daerah pemilihan). Contohnya, untuk Dapil Kendari dan Kendari Barat misalnya ketuanya berdomisili di daerah itu pasti nomor urut 1. Kalau sekretaris juga tinggal di dapil itu, maka yang bersangkutan mendapatkan nomor urut 2. Untuk kader yang lain, baru sistemnya penilaiannya dibobot,” terangnya.

Meski begitu, sebagai partai yang terbuka, aku Abriaman, pihaknya tidak membatasi jika ada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai caleg melalui PDIP. Mereka juga nanti akan diberi bobot penilaian yang sama dengan para kader.

“Kalau memang yang bersangkutan punya nilai jual dan layak, maka kami akan perjuangkan. Itu juga bobot tersendiri buat mereka,” urainya.

Ditambahkannnya, pada pilcaleg yang akan digelar 2019 mendatang, DPD PDIP Sultra, menargetkan 2 kursi DPR RI dari total kuota 6 kursi yang disiapkan. Sementara, untuk DPRD provinsi dan kabupaten/kota, targetnya minimal kursi unsur pimpinan harus direbut. (P1/nur)

To Top