Beranda

FPKS Dorong Lahirnya Perda Peningkatan Kualitas UKM

KENDARI, BKK- Fraksi Partai Keadilan Sejaterah (FPKS) menelurkan gagasan akan adanya peraturan daerah (perda) untuk peningkatan kualitas usaha kecil dan menengah (UKM).

Ketua FPKS pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari H Subhan ST melalui telepon genggamnya mengatakan, Minggu (15/4), perda tersebut akan diusulkan pada 2019, menjawab tingginya minat masyarakat membuka usaha.

Ia menjelaskan, dalam perda itu nantinya lebih fokus pada persoalan pemberian modal pada pelaku usaha, yang sistemnya dipermudah, yang mana pemerintah akan membuat badan usaha baru yang khusus melayani peminjaman modal bagi pelaku UKM.

“Kita akan desain seperti itu, untuk mengantisipasi peminjaman modal pelaku usaha pada lintah darat,” jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, dalam perda juga akan mengatur partisipasi pemerintah dalam membantu pelaku usaha mengekspor barang dagangannnya.

“Kita tidak hanya sekadar memberikan modal, tapi kita juga punya kewajiban untuk menghidupkan usaha mereka dengan membuka pasar, baik di dalam kota atau di luar,” bebernya.

Ending dari semua itu, beber dia, pelaku usaha akan lebih terstruktur serta tertata, dan imbasnya bagi pemerintah kota (pemkot) adalah memiliki sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang baru.

“Para pelaku usaha seperti pedagang kaki lima (PKL) yang berhamburan di setiap sudut kota, nantinya bisa kita arahkan untuk fokus pada titik-titik yang sesuai peruntukannya, dan itu tentu memudahkan pemerintah mendapatkan PAD,” paparnya. (cr5/iis)

To Top