Samsul Bahri Jadi Sekda Koltim – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

Samsul Bahri Jadi Sekda Koltim

SAMSUL BAHRI Majid saat dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kolaka Timur oleh Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, di Kantor Bupati Koltim, Selasa (10/4).

TIRAWUTA, BKK- Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah melantik Samsul Bahri Majid sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Koltim di Aula Kantor Bupati, Selasa (10/4).

Tony Herbiansyah dalam sambutannya mengatakan, pelantikan itu bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda yang selama dua tahun terakhir ditinggalkan Anwar Sanusi. Pengangkatan Pj Sekda didasari Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2018, yang menyebutkan pengangkatan Sekda dapat dilakukan setelah berkonsultasi dan mendapat persetujuan dari gubernur.

Namun untuk pengangkatan Sekda definitif, terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh tim Baperjakat Pemprov Sultra dan hasilnya diserahkan kepada Bupati, untuk selanjutnya diusulkan kepada gubernur untuk disetujui.

“Saya mengharapkan pelantikan ini jangan lagi dijadikan polemik. Karena dalam kedudukannya, hak dan kewajiban Pj Sekda sama degan Sekda defenitif. Ini pun perlu dinilai. Kalau integritas dan kinerjanya kurang bagus, maka kita dapat lakukan pergantian. Kalau bagus akan tetap kita lanjutkan,” ungkapnya.

Tony berharap Pj Sekda mampu mensinkronkan semua program pemerintah. Sekda juga seharusnya menjadi tempat konsultasi para pimpinan OPD. Hasil dari konsultasi tersebut nanti disampaikan oleh Sekda kepada Bupati.

“Yang terjadi kemarin itu semua konsultasinya langsung kepada saya akibat kekosongan posisi Sekda,” imbuhnya. (k4/aha)

To Top