Jumlah Dapil dan Kursi DPRD Sultra Tidak Berubah – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Jumlah Dapil dan Kursi DPRD Sultra Tidak Berubah

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah mengeluarkan keputusan tentang penetapan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam keputusan Nomor 291/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018, jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD Sultra tetap sama dengan pemilu 2014 lalu.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, pada pemilu 2019 nanti, Sultra tetap terbagi dalam enam dapil dan tetap 45 kursi.

Meski ada tiga daerah otonom baru (DOB), tambah dia, itu tidak berpengaruh pada jumlah dapil dan kursi.

“Tidak ada perubahan tetap enam dapil dan tetap 45 kursi. Hanya penamaan administrasi wilayah yang berubah karena ada DOB tapi tetap melekat pada kabupaten induk atau menyatu dalam prinsip integralistik,” terang Hidayatullah melalui sambungan telepon, Selasa (10/4).

Misalnya, sebut pria yang akrab disapa Dayat ini, Dapil Sultra III ada tambahan Muna Barat. Di mana pada 2014 lalu, hanya Muna dan Buton Utara,”

Begitu juga di Dapil Sultra IV ditambah dua DOB yakni Buton Tengah dan Buton Selatan. Pada 2014 lalu, hanya Buton, Wakatobi dan Baubau.

Untuk diketahui, dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, telah diatur secara jelas jumlah kursi DPRD provinsi.

Pada pasal 188 ayat (2) huru b, dikatakan bahwa provinsi dengan jumlah penduduk satu juta sampai dengan tiga juta orang memperoleh alokasi 45 kursi. (man/nur)

Berikut susunan dapil dan alokasi kursi DPRD Sultra pada pemilu 2019:

Dapil Sultra I Kota Kendari (enam kursi)
Dapil Sultra II Konawe Selatan dan Bombana (delapan kursi)
Dapil Sultra III Muna, Buton Utara dan Muna Barat (enam kursi)
Dapil Sultra IV Buton, Wakatobi, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kota Baubau (10 kursi).
Dapil Sultra V Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur (sembilan kursi)
Dapil Sultra VI Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan (enam kursi)

To Top