Lingkar Sultra

Bupati Kucurkan Bonus untuk Peserta MTQ

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
BUPATI MUNA LM Rusman Emba ST, Wakil Bupati, Ir H Abdul Malik Ditu M Si, Sekda, Nurdin Pamone SH foto bersama para perwakilan Muna di MTQ XXVII tingkat Provinsi Sultra.

RAHA, BKK- Pemerintah Kabupaten Muna tetap memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para peserta yang mewakili Muna di ajang MTQ XXVII tingkat Provinsi Sultra, meski tidak berhasil meraih juara umum. Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku tetap bangga atas usaha para peserta. Bonus yang sebelumnya dijanjikan juga diserahkan kepada peserta yang berhasil mendapatkan medali.

“Prestasi yang telah kita raih, tidak mengecewakan. Ini kan sebuah perjuangan, ke depan harus kita tampil lebih baik lagi. Mental kita harus diperbaiki. Jangan lagi terpengaruh iming-iming bonus dari daerah lain, lantas kita hijrah ke daerah lain,” kata Bupati saat bertatap muka dengan para peserta MTQ, di Kantor Bupati Muna, Selasa (10/4).

Dalam pandangan Bupati, MTQ bukanlah ajang untuk mengejar juara. Namun untuk menyebarkan syiar Islam kepada masyarakat. Ini pun yang mendorong Pemkab Muna mendirikan Kampung Alquran di Desa Mantobua dan rencananya diperluas ke desa-desa lainnya.

“Tujuannya kita bagaimana menarik minat generasi kita untuk mendalami kesenian Islam. Jadi nanti kita memiliki bibit atau sudah siap untuk mengangkat nama Muna dalam MTQ berikutnya,” kata Bupati Muna sekaligus menekankan pentingnya kaderisasi dan pembinaan peserta MTQ.

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Pemkab Muna Azis Teo mengungkapkan beberapa faktor yang menyebabkan Muna belum berhasil meraih juara pada ajang MTQ di Butur. Diantaranya kurang latihan dan kurang diperhatikan pembinaannya.

Selain itu, banyak qori-qoriah yang potensial hijrah ke daerah lain karena tergoda bonus yang lebih besar. Kondisi ini pun dibiarkan para pembina tanpa berkoordinasi ke Pemda Muna.

“Ini semua harus kita evaluasi kembali. Kami mohon Pak Bupati Muna dapat memberikan kebijakan agar kaderisasi dan pembinaan bagi para qari-qoriah, hifzil, fahmil, tilawah, cerdas cermat, kasidah, dapat berjalan maksimal nantinya,” kata Azis.

Dalam ajang MTQ kemarin, Muna hanya berhasil meraih medali perak dan perunggu. Tapi piala cukup banyak, ada 14 dari berbagai kategori dan 15 dari Kasidah. (r1/aha)

To Top