Bapemperda Loloskan Perda Wisata Halal – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Bapemperda Loloskan Perda Wisata Halal

KENDARI, BKK- Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Kendari berhasil meloloskan salah satu rancangan peraturan daerah (raperda) tentang wisata halal.

“Perda ini mengatur tentang tata letak wisata halal yang salah satunya ada di Kendari Beach (Kebi). Sehingga, keberadaan tenda remang di sana sangat terancam,” kata Ketua Bapemperda Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari La Ode Ali Akbar.

Ia menjelaskan, selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tidak mampu melakukan penertiban terhadap tenda remang di Kebi, meski pihaknya telah berulang kali melakukan sorotan. Pasalnya, ujar dia, tidak memiliki payung hukum yang kuat.

“Atas dasar itu, kita buatkan perda ini dan kami berharap penerapannya bisa berjalan baik. Sebab, hingga saat ini momok Kebi sebagai tempat prostitusi masih sangat akrab di masyarakat,” jelasnya.

Pemilik sapaan akrab Iwan Kambara ini juga menegaskan, pihak Pemkot Kendari utamanya Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) agar segera memberhentikan izin bagi pengguna lapak yang memanfaatkan lapaknya bukan sebagai tempat penjualan kuliner.

“Ini penting, agar nanti ketika perda wisata halal diterapkan, kita tidak lagi berbenturan dengan izin lapak yang disewakan Pemkot Kendari,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) Amir Hasan menyebut, selama ini pihaknya memang terbentur pada persoalan izin jika melakukan penertiban tenda remang di Kebi.

“Kita mau tertibkan tapi mereka punya izin memakai lapak. Dan, kita juga tidak punya bukti untuk menertibkan, sebab ketika turun lapangan tidak ada penjualan minuman beralkohol di sana termaksud transaksi prostitusi,” terangnya. (cr5/iis)

To Top