Didorong Hidup Sehat, Masyarakat Pesisir Soropia Jadi Binaan Poltekkes Kendari – Berita Kota Kendari Online
Pendidikan

Didorong Hidup Sehat, Masyarakat Pesisir Soropia Jadi Binaan Poltekkes Kendari

Suasana penandatanganan MoU di Kemenkes Poltekkes Kendari, Selasa (3/4). (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kendari memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat pesisir di Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, melalui gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat.

Dalam rangka mempercepat gerakan tersebut, Poltekkes Kendari bekerjasama dengan Pemerintah daerah (Pemda) Konawe. Kedua pihak ini pun telah penandatangani kesepakatan kerjasama itu melalui Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (3/4).

Saat ini pun, warga pesisir di Kecamatan Soropia itu telah menjadi binaan Poltekkes Kendari.

”Ini program yang baru dilaksanakan untuk pengembangan kemitraan dan pengabdian kepada masyarakat oleh Kemenkes Poltekkes Kendari melalui desa binaan dalam bentuk desa binaan gerakan masyarakat hidup sehat di Kecamatan Soropia,” ujar Direktur Poltekkes Kendari Askrening SKM Mkes ditemui usai penandatangan MoU kemarin.

Ia menjelaskan, saat ini Poltekkes Kendari sendiri fokus kepada tiga Tridarma Perguruan Tinggi (PT) yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Terkait pengabdian kepada masyarakat, katanya, yakni berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kemudian menurunkan angka kematian ibu dan anak, serta menurunkan angka kesakitan masyarakat pesisir dan masalah kesehatan lainnya.

Namun demikian, diakuinya, kemitraan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat belum maksimal dilakukan. Makanya, melalui program desa binaan ini dengan dibantu dengan beberapa intansi terkait program tersebut diharapkan bisa lebih baik lagi.

“Karena permasalahan kesehatan mesti harus ditangani secara bersama-sama dengan instansi terkait. Kalau hanya Poltekkes Kendari tidak maksimal, alangkah baiknya kalau permasalahan tersebut ditangani bersama-sama dengan stake holder terkait,” jelasnya.

Ia menuturkan, di Kecamatan Suropia terdapat satu kelurahan dan 16 desa. Saat ini, Poltekkes Kendari masih membina 6 desa. Setelah masalah kesehatan di enam desa tersebut dianggap selesai maka akan berpindah lagi di desa lainnya yang ada di wilayah tersebut.

“Masalah kesehatan disana (Soropia, red) sangat kompleks, mulai dari kesehatan ibu dan anaknya, gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk itu, kami memberikan pendidikan kesehatan, membimbing sampai mereka benar-benar mandiri, sehingga mereka dapat merubah perilaku ke arah yang lebih sehat lagi,”urainya.

Ia berharap, dengan program desa binaan pesisir ini permasalahan kesehatan di desa tersebut dapat teratasi.

Sehingga, secara tidak langsung akan mempengaruhi juga dalam meningkatkan mutu lulusan dan meningkatkan kualitas institusi Poltekkes Kendari. (m1/nur)

To Top