Angin Amuk Muna, 24 Rumah Warga Roboh – Berita Kota Kendari Online
Headline

Angin Amuk Muna, 24 Rumah Warga Roboh

Sejumlah rumah warga yang roboh akibat diterjang angin kencang pada Senin (2/4).

RAHA, BKK – Akibat amukan angin disertai hujan melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Muna, Senin (2/4) sekitar pukul 12.00, mengakibatkan sejumlah pohon dan rumah warga roboh.

Dari data yang dikumpulkan Berita Kota Kendari, tidak kurang dari 24 rumah warga roboh dan porak poranda. 21 rumah warga di Kecamatan Kontunaga dan 3 rumah warga di Kecamatan Watu Pute termasuk 1 buah bangunan milik Pemda Muna.

Rumah warga yang rusak itu di antaranya rumah La Felisa di Desa Bungi Kecamatan Kontunaga. Rumah warga ini roboh diterjang angin kencang dan menimpa truk yang sedang parkir di depan rumahnya.

Kemudian angin juga merobohkan rumahnya Wa Gure warga Desa Bungi, hingga rata dengan tanah
Angin kecang yang menerjang Muna itu tidak hanya merobohkan rumah warga saja, tapi pohon tumbang seperti yang terjadi di pinggir jalan hutan Warangga.

Untung pihak kepolisian Polres Muna dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muna dan warga, segera mengevakusai 2 pohon tumbang itu, hingga akses jalan bisa dilewati kembali..

Terkait musibah angin kecang yang menerjang sebagian wilayah Muna, Bupati Muna LM Rusman Emba ST melalui Kabag Humas dan Protokol Amiruddin Ako SPd MSi menjelaskan langkah-langkah kongkrit yang akan diambil Pemkab Muna.

Menurut Amiruddin Ako, Bupati Muna telah memerintah para camat yang di wilayahnya dilanda musibah angin kencang, untuk menginventarisir jumlah rumah yang rusak.

“Ada 2 kecamatan yaitu Watu Pute dan Kontunaga, yang paling parah dilanda angin kencang itu,” katanya.

Berdasarkan pendataan pemerintah setempat, dari 21 rumah yang roboh, ada 5 rumah warga rusak parah dan 16 rusak ringan.

Sedangkan di Kecamatan Watu Pute ada 3 rumah yang rusak parah, 2 rumah warga dan 1 bangunan milik Pemda Muna.

Terkait hal ini katanya Bupati Muna Kamis pekan ini akan turun langsung kelapangan dan akan melihat langsung rumah rumah warga yang terkenan musibah angin kencang.

Bupati Muna telah mengintruksikan kepada para camat di Watu Pute dan Kontunaga untuk membuat data tingkat kerusakan rumah warga itu, berikut rincian biaya yang dibutuhkan, untuk memperbaikinya.

“Kalau terkait dana, itukan persoalan lain. Inikan faktor kemanusian harus kita kedepankan. Dalam hal ini Pak Bupati Muna akan menggunakan sumbangan pribadinya. Kalau mau tunggu anggaran dari pemerintah memang lama prosesnya,” tambah Kabag Humas Pemkab Muna ini. (r1/lex)

To Top