Beranda

Pemkot Berusaha Pertahankan Opini WTP

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Pemerintah Kota Kendari tahun ini kembali mengincar opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Kita sangat optimis untuk meraih kembali opini WTP. Sebab, selain laporan kita yang tidak ada masalah, kita juga telah menindaklanjuti arahan dan masukan BPK saat pemeriksaan pendahuluan Februari lalu,” terang Kepala Badan

Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kota Kendari Susanti.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Kendari sendiri telah berhasil meraih opini WTP sebanyak empat kali berturut-turut dari BPK sejak 2013, 2014, 2015 dan 2016.

Susansi menjelaskan, pihaknya telah melakukan perampungan berkas laporang penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 dan telah diserahkan ke BPK Perwakilan Sultra.

“Kita tinggal tunggu hasilnya. Yang pasti, kita sudah serahkan kewajiban kita ke BPK,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk LKPD 2017 yang diserahkan ke BPK tidak lagi ada masalah, semua program organisasi perangkat daerah (OPD) telah direalisasikan dan dibuat dalam laporan lengkap.

Dilaih pihak, keinginan ini mendapatkan apresiasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Ketua DPRD H Samsuddin Rahim mengatakan, Senin (2/4), pihaknya sangat mendukung upaya ini, sebab hal itu telah menjadi tugas yang wajib dilakukan.

“Kita telah berhasil meraihnya sebanyak empat kali, jadi tidak ada alasan untuk tidak mempertahankan itu,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam meraih opini WTP itu sendiri, pemkot telah menerapkan sistem pengelolaan keuangan daerah (simda) berbasis IT yang mampu mempermudah pengawasan pengelolaan anggaran sehingga penggunaannya lebih tepat guna.

“Kita juga, melakukan pembahasan anggaran dengan tepat waktu dan penggunaan anggarannya kita sesuaikan dengan program pembangunan daerah,” jelasnya. (cr5/iis)

To Top