Lingkar Sultra

Kemendes Tertarik Kembangkan Kepiting Bakau di Buteng

LABUNGKARI, BKK – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Ineonesia (RI) tertarik untuk mengembangan kepiting bakau di Buton Tengah (Buteng). Ketertarikan pihak Kemendes PDTT muncul setelah Bupati Buteng, H Samahuddin memaparkan potensi hutan bakau yang dimiliki daerahnya di Jakarta belum lama ini.

Sejumlah desa yang memiliki hutan mangrove, yakni Desa Wongko Lakudo, Matawine, Teluk Lasongko, Banga, Oengkolaki, Tanailandu, dan Desa Terapung. Samahuddin mengaku sangat mengapresiasi pihak Kemendes yang sudah tertarik mengembangkan kepiting bakau di daerah yang ia pimpin.

“Pekan lalu, Dirjen PPMD menurunkan tim surveyor untuk melihat langsung potensi hutan bakau di Kabupaten Buteng dan kami langsung meninjau beberapa desa yang memiliki hutan bakau,” ungkap, Samahuddin.

Menurutnya, tim surveyor ini dipimpin Kepala Sub Direktorat Pengembangan Sumberdaya Air Maritim dan Perikanan, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Kemendes PDTT RI, Sofyan Johan. Hasilnya, tim dari kementerian ini berpendapat jika potensi kepiting bakau di Buteng cukup bagus sehingga perlu dikembangkan dan dibudidayakan secara serius oleh masyarakat setempat.

“Setelah melihat potensi hutan bakau yang dimiliki Buteng, mereka tertarik untuk mengembangkan budidaya kepiting bakau dengan cara modern,” paparnya.

Dia berharap, rencana pengembangan ini senantiasa mendapat dukungan dari semua pihak demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. (r2/aha)

To Top