Pendidikan

Hanya Miliki 10 Unit Komputer, SMKN 5 Kendari Gelar UNBK

Drs Susi Husen

KENDARI, BKK – Keterbatasan jumlah komputer, tidak menghalangi Sekolah Menengah Kejuruan negeri (SMKN) 5 Kendari untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai, Senin (2/4).

Sekolah yang baru pertama kali menggelar UNBK ini, hanya memiliki 10 unit komputer. Kekurangan kemudian disiasati dengan meminjam laptop milik siswa dan guru di sekolah tersebut.

”Karena untuk pengadaan sarana dan prasarana UNBK ini belum ada, mau tidak mau kita melaksanakan saja dengan cara meminjam peralatan seadaanya,” aku Kepala SMKN 5 Kendari Drs Susi Husen ditemui di sela-sela pealaksaaan ujian di SMKN 5 Kendari kemarin.

Susi mengaku, pihaknya berupaya melaksanakan UNBK, sebab selain lebih baik dan memudahkan sekolah juga tidak memakan biaya yang banyak.

“Ini kali pertama kami adakan UNBK dan ke depannya, UNBK ini tetap kami akan pertahankan,” ungkapnya.

Dikatakannya, peserta UNBK di sekolahnya tersebut sebanyak 94 siswa yang dibagi dalam tiga sesi ujian setiap harinya. Untuk sesi satu dan dua masing-masing diikuti 31 siswa dan sesi terakhir 32 siswa.

”Pelaksanaan UNBK tingkat SMK berlangsung sejak Senin-Kamis,”katanya.

Dengan keterbatasan jumlah komputer yang dimiliki sekolahnya itu, Susi berharap, ke depan pemerintah dapat memberikan bantuan untuk masing-masing sekolah yang masih kekurangan komputer

”Jadi harapan kami dalam penganggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerha (APBD) 2018 maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), pada skala prioritas yaitu pengadaan komputer agar nantinya kita betul-betul siap untuk melaksanakan UNBK tersebut,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top