Suksesi

PDIP Kesulitan Dapatkan Calon Perempun untuk Pileg 2019

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Menghadapi momentum Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 nanti, Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) akui kesulitan dapatkan calon legislatif (caleg) perempuan. Padahal, keterwakilan perempuan diwajibkan 30 persen.

“Kita masih butuh calon perempuan minimal 10 untuk mengisi nomor urut yang ada di setiap daerah pemilihan (dapil) sesuai ketetapan KPU,” terang Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Kendari, Alwi Genda saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/3).

Ia menjelaskan, kondisi ini juga sama seperti partai lain, sebab ketertarikan perempuan dalam dunia politik masih begitu kecil. Apalagi paradigma berpikir ketika maju sebagai calon membutuhkan banyak anggaran.

“Ini adalah realita yang terjadi, untuk itu dalam melengkapi kekurangan ini kami sangat memprioritaskan kaum wanita dalam proses perekrutan penjaringan calon,” jelasnya.

Bahkan, lanjut dia, dalam proses itu nantinya, tidak ada beban biaya yang diberikan kepada para pendaftar dan pihaknya berjanji untuk bekerja optimal memenangkan para calon yang diusung terkhusus para calon perempuan.

“Ini bagian dari strategi kami, karena target kita adalah menang dan mampu merebut kursi ketua,” tambahnya.

Ia juga membeberkan, jika saat ini partai berlambang banteng moncong putih tersebut baru memiliki lima calon perempuan yang telah pasti ikut tarung dalam pileg DPRD Kendari nanti. Kelimanya pun diberikan kebebasan untuk memilih daerah pemilihan mana yang mereka sukai.

“Ini juga akan berlaku pada para pendaftar perempuan lain, tetapi komitmen mereka harus jelas,” tandasnya.

Sekertaris DPC PDIP Kota Kendari, La Ode Lawama juga menambahkan, solusi lain untuk mencukupkan kekurangan calon perempuan pada pileg nanti, pihaknya akan merekrut pengurus yang ada di tingkatan PAC dan ranting.

“Ini salah satu solusi kami untuk berjaga-jaga, namun jika dari pengurus di tingkat PAC dan ranting ada yang telah berkeinginan maka kami membuka diri bagi mereka untuk ikut mendaftar,” pungkasnya.(Cr5/nur)

To Top