Pendidikan

Menambah Ilmu dalam Bidang Ekonomi Syariah, KPN UHO Gelar SNES

Pemberian plakat cendera mata oleh penanggungjawab kegiatan Prof Marzuki Iswandi (kiri) kepada narasumber dalam kegiatan SNES Dwi Condro Triono (kanan) . (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Guna membedah permasalahan dan fenomena aktual yang berkaitan dengan pengelolaan perekonomian secara syariah, Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Universitas Halu Oleo (UHO) menghelat Seminar Nasional Ekonomi Syariah (SNES), Senin (26/3).

Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun F dalam sambutannya mengatakan, dengan digelarnya SNES ini agar semakin menambah banyaknya ide-ide yang dihasilkan, berkaitan dengan pengembangan sistem perbankan syariah di Indonesia khususnya di Kendari.

“Semoga dengan kegiatan ini, paling tidak membuka wacana dan juga wawasan yang berkaitan dengan apa itu ekonomi syariah dan seperti apa penerapannya. Sehingga, dengan pengembangan ekonomis syariah ini akan memberikan wawasan dan inspirasi terkait bentuk dengan pengembangan perekonomian di Indonesia khususnya di Kendari,” uca Zamrun.

Sementara, penanggungjawab kegiatan Prof Marzuki Iswandi mengatakan, melalui SNES, atmosfir akademik bisa semakin dikembangkan di UHO.

“Tema seminar ini, sangat relevan dengan kondisi dan fenomena di Indonesia belakangan ini. Di mana, lembaga perekonomian syariah, perbankan dan asuransi sudah banyak mengembangkan pengelolaan berbasis syariah,” ujar Maszuki.

Dijelaskannya, ekonomi syariah bukan semata-mata hanya untuk agama islam saja, melainkan yang terpenting pengelolaannya yang berdasarkan tuntutan prinsip-prinsip keiklasan dan keseimbangan dunia akhirat.

Ia berharap, kepada semua pihak dapat mengkaji dan mengembangkan perekonomian yang handal di masa-masa yang akan datang nantinya guna memberikan kontribusi kepada kemajuan bangsa. (m1/nur)

To Top