Butur Gencar Benahi Cagar Budaya – Berita Kota Kendari Online
Aktualita

Butur Gencar Benahi Cagar Budaya

Bupati Butur Abu Hasan saat meninjau pekerjaan pembenahan benteng kulisusu, beluk lama ini. (DARSO/BERITA KOTA KENDARI)

BURANGA, BKK – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara (Butur) saat ini tengah menata beberapa cagar budaya yang terdapat di daerah itu. Penataan peninggalan sejarah itu untuk menarik minata wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari saat ditemui di ruang  kerjanya, Senin (26/3) mengatakan, untuk program kebudayaan pihaknya fokus pada pembenahan Lipu Benteng Kulisusu, pembangunan Pagar Masjid Benteng Kulisusu , dan pembangunan rumah adat di Kulisusu Utara.

“Kami lagi gencar-gencarnya melakukan promosi kebudayaan dan seni untuk menggaet wisatawan lokal ataupun mancanegara agar berkunjung di Butur,” katanya.

Dia mengungkapkan, belum lama ini kurang lebih seratusan turis mancanegara berkunjung di daerah yang dipimpin Abu Hasan selaku bupati tersebut. Sebanyak 26 kapal dan seratusan wisatawan mancanegara berkunjung pada saat Sail Wonderful pada 2017 lalu.

“Tahun ini, Butur kembali menjadi tujuan kapal-kapal wisatawan mancanegara. Targetnya, jumlah wisatawan lebih banyak lagi yang datang,” ujarnya.

Untuk menyambut kedatangan wisatawan mancanegara itu, pihaknya bakal menyelenggarakan Festival Barata Kulisusu bekerja sama dengan lembaga adat.

“Festivalnya digelar Agustus mendatang bertepatan dengan Sail Wonderful. Rangkaian festival itu ada seminar dan Kabengka atau sunat massal,” imbuhnya. (cr10/c)

To Top