Beranda

SMPN 1 Kendari Siap Sukseskan UNBK

Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari sampai saat ini sudah memasuki tahun ke empat dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan di Kota Kendari.

Tahun pertama dan kedua, SMPN 1 Kendari merupakan sekolah satu-satunya yang menyelenggarakan UNBK, yang kemudian di tahun ketiga diikuti oleh 10 sekolah dan tahun ke empat diikuti semua SMP se-Kota Kendari.

Kepala SMPN 1 Kendari Mahdin mengatakan, total komputer yang digunakan dalam UNBK nantinya seharusnya 97 unit komputer untuk 285 peserta UNBK, tetapi sekolah sendiri sudah melebihi seratus komputer bila digabungkan dengan laptop siswa.

“Kita sendiri dalam pelaksanaan UNBK nantinya menggunakan dua laboratorium permanen yakni laboratorium komputer kapasitas lebih dari 40 komputer, laboratorium bahasa lebih dari 30 komputer, dan kemudian untuk temporer (sementara waktu) menggunakan juga laboratorium ilmu pengetahuan alam (IPA) yang didominasi laptop sekolah dan laptop siswa,” ujarnya, Selasa (20/3)

Dikatakan, adapun untuk menutupi kekurangan komputer yang ada di sekolah, pihaknya tidak lagi melakukan perencanaan dalam pengadaannya.

Karena, alas dia, rata-rata anak disini memiliki laptop bahkan siswa lebih senang menggunakan laptop miliknya dan didukung oleh orangtua murid.

“Jadi, berkaitan dengan UNBK kami tidak mempunyai pungutan khusus untuk membeli laptop maupun untuk membeli komputer, sehingga kita sudah sangat siap menghadapi UNBK nanti. Apalagi, ini tahun ke empat SMPN 1 Kendari melaksanakan UNBK,”

Ia menuturkan, pelaksanaan UNBK tahun ini dirinya hanya mengkhawatirkan masalah aliran listrik saja, apalagi tahun ini semua sekolah SMP di Kendari sudah melaksanakan UNBK, sehingga ia berharap nantinya tidak terjadi pemadaman listrik.

“Dikmudora Kendari sudah melakukan kerjasama terkait antisipasi pemadaman listrik pada saat UNBK. Dan mudah-mudahan kendala itu tidak ada,” ungkapnya. (m1/iis)

To Top