Lingkar Sultra

Kapal Cantika Punya Izin Resmi

RUMBIA, BKK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana menyesalkan sikap segelintir masyarakat Kabaena yang terlibat dalam aksi penghadangan terhadap kapal cepat MV Cantika Anugerah saat hendak bersandar di Dermaga Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat, Senin (12/3) lalu.

Anggota DPRD Bombana Heryanto menyebut aksi itu sebagai tindakan yang tidak bisa diterima. Sebab setelah ditelusuri, MV Cantika memiliki izin resmi berlayar.

“Ingat kapal Cantika itu, kalau tidak bersandar di Sikeli maka itu pelanggaran. Mengapa demikian? Karena dia telah memiliki izin dari Dirjen Perhubungan. Kapal itu memang harus bersandar di Dermaga Sikeli. Justru menjadi keliru atau melanggar, jika sandar di tempat lain selain di Sikeli,” katanya saat ditemui Rabu (14/3).

Ketua PPNI Sulawesi Tenggara ini berharap agar persoalan ini segera dituntaskan. Oknum yang terlibat harus diberi penjelasan bahwa MV Cantika punya izin resmi dari pemerintah.

“Saya pikir ini harusnya di-clear-kan. Izin dari perhubungan ada, bahkan izin itu diterbitkan oleh Dirjen. Ini juga seirama dengan kemauan mayoritas warga di sana. Jika ada pihak-pihak yang masih keberatan, agar diberi pemahaman. Ini jadi tugas dari satker atau pihak syahbandar di Sikeli itu,” kata Herianto.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Baubau, Muhammad Tohir membenarkan izin lintasan kapal cepat Cantika itu, untuk bersandar di Dermaga Sikeli. “Izinnya itu sudah ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan RI Berdasarkan Surat Perintah Kerja (SPK) yang kami terima dari Dirjen Kementerian Perhubungan. Bahwa jalur kapal Cantika, Baubau-Talaga-Sikeli-Kasipute,” jelas Tohir dikonfirmasi melalui sambungan selulernya. (k3/aha)

To Top