21 Calon Lulus Tes Psikologi, Didominasi Komisioner – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

21 Calon Lulus Tes Psikologi, Didominasi Komisioner

KENDARI, BKK – Sebanyak 21 nama dinyatakan lulus dalam seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 21 nama yang dirilis, Rabu (14/3), yang dinyatakan lulus hampir seluruhnya adalah komisioner KPU, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Dari 35 nama yang mengikuti seleksi tahap psikologi, hanya lima nama di luar dari komisoner KPU yang lulus.

Kelimanya yakni Muh Nato Al Haq dan Rosdiana (Dosen Universitas Muhammadiyah Kendari), kemudian Muh Yusuf (Dosen Universitas Halu Oleo), Hanuddin (karyawan swasta), Sabta (Guru SMAN 1 Lohia Kabuapten Muna), serta Zainal Muluk (wiraswasta).

“Kepada nama-nama yang lulus, selanjutnya mengikuti tes kesehatan yang akan dilaksanakan pada 19 sampai 23 Meret 2018,” kata Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Sultra Dr M Najib Husain SSos MSi, Rabu (14/3).

Setelah tahap tes kesehatan selesai, akan dilanjutkan dengan tes wawancara timsel yang dilakukan secara terbuka untuk penentuan 10 nama yang akan dikirim ke KPU-RI mengikuti fit and proper test. Wawancara ini akan dilakukan pada 26 sampai 28 Maret 2018.

Dijelaskannya, dalam tes psikologi ini tidak memiliki nilai. Sebab, prosesnya hanya menggunakan dua kategori, direkomendasikan dan tidak direkomendasikan.

Tes psikologi sambung dia, ada tiga tahapan yakni tes tertulis, focus group discussion (FGD) dan wawancara. Kemudian, tiga tahapan ini nilainya diakumulasi.

“Bagi peserta yang memiliki nilai 60 sampi 100, itu direkomendasasikan. Sedang peserta yang nilainya di bawah 60, tidak direkomendasikan,” terangnya.

Najib menegaskan, posisi timsel hanya menerima dan mengesahkan hasil tes psikologi yang dilakukan tim psikologi yang telah ditunjuk.

“Jadi timsel sama sekali tidak ada ruang untuk mengintervensi hasil yang dikelurkan tim psikolog,” ucapnya.

Lebih lanjut, Najib menjelasakan, sesuai dengan anggaran yang disediakan, seharusnya hanya 20 nama yang akan diambil untuk ikut ke tahap selanjutnya. Namun karena ada dua peserta yang memiliki nilai sama maka diluluskalah 21 nama.

“Dalam aturan memang maksimal 30 orang, sedangkan minimalnya diambil 20 nama dengan pertimbangan anggaran. Namun ada dua orang mempunyai nilai yang sama, sehingga diputuskan mengambil 21 orang,” terangnya.

Dalam pengumuman bernomor 25/TIMSEL/-KPU SULTRA/III/2108 diterangkan, tes kesehatan akan diawali pertemuan dengan pihak Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas, Jumat (16/3) pukul 14.00 Wita.

Najib juga mengimbau, kepada masyarakat Sultra agar dapat melihat curriculum vitae (CV) Calon Anggota KPU Sultra pada website: http//sultra.kpu.go.id/pengumuman/616. Diharap menyampaikan tanggapan berkait nama-nama yang telah dinyatakan lulus, dengan melampirkan kartu identitas diri yang masih berlaku.

“Tanggapan dapat dikirim melalui email: intelkpusultra.com atau diantar langsung ke Sekretariat Timsel Calon Anggota KPU Sultra, di Jalan Ahmad Yani Nomor 108 Wuawua Kota Kendari,” tandasnya. (man/nur)

To Top