Pendaftaran Calon Anggota KPU Konkep Diperpanjang Tujuh Hari – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Pendaftaran Calon Anggota KPU Konkep Diperpanjang Tujuh Hari

Muh Alim Marhadi

KENDARI, BKK – Waktu pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) diperpanjang selama tujuh hari, akibat tidak memenuhi syarat minimal jumlah pendaftar.

Ketua Tim Seleksi KPU Zona III Sultra, Muh Alim Maharhadi mengatakan, perpanjangan pendaftran itu sesuai dengan Pasal 19 ayat (3) Pertauran KPU Nomor 7 tahun 2018.

Di mana, jelas dia, pendaftar untuk Calon Anggota KPU Konkep hanya 16 orang. Sementara yang isyaratkan dalam aturan harus minimal enam kali jumlah anggota KPU kabupaten/kota setempat, sehingga seharusnya minimal 18 orang.

“Artinya enam kali tiga. Karena jumlah anggota KPU itu nanti hanya tiga orang,” jelas Alim melalui sambungan telepon genggamnya, Selasa (13/3).

Alim menambahkan, jika masa perpanjangan pendaftran belum juga memenuhi kuota minimal yang disyaratkan, tahapan seleksi langsung dilanjutkan.

Dia mengimbau, bagi putra dan putri yang berdomisili di Konkep dan memiliki keinginan berkarier sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu) maka dipersilakan untuk mendaftrakan diri. Perpanjangan pendaftaran ini dimulai sejak 13 sampai 19 Maret 2018.

Ditambahkannya, dari lima kabupaten yang tergabung pada Zona III Sultra, hanya Konkep yang tidak memenuhi syarat minimal jumlah pendaftar. Empat daerah lainnya yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut), dan Kolaka Utara (Kolut) melebihi batas minimal enam kali jumlah anggota KPU kabupaten yang dibutuhkan

“Untuk Konut 27 pendaftar, Konawe 26 pendaftar, Konsel 43 pendaftar, dan Kolaka Utara 27 pendaftar,” tandasnya. (man/nur)

To Top