BPTP Sosialisasikan Inovasi Terbaru Pertanian – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

BPTP Sosialisasikan Inovasi Terbaru Pertanian

RAHA, BKK- Sejumlah inovasi terbaru yang diyakini dapat mendongkrak produksi pertanian, baik kualitas maupun kuantitas, diperkenalkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sulawesi Tenggara, di Aula Galampano Kantolalo, Muna, Selasa (13/3). Kegiatan ini diikuti para penyuluh pertanian dari Muna, Muna Barat dan Buton Tengah.

Penyuluh dari Kementerian Pertanian RI, Muhammad Adlan La Risu mengatakan, acara tersebut dikemas dalam bentuk penyuluhan agar ada umpan balik dari para penyuluh tentang teknologi dan kendala penyuluh di lapangan. Salah satu inovasi yang dikemukakan dalam kegiatan itu adalah varietas jagung terbaru.

“Sekarang ada varietas jagung yang baru. Mungkin yang tadinya perhektar cuma menghasilkan jagung 2 atau 3 ton, lewat varietas bibit jagung yang baru ini bisa panen sampai 12 ton per hektar. Ada 4 inovasi pertanian terbaru yang kami sampaikan kepada para penyuluh yaitu jagung, padi, kedelai dan sapi,” papar Adlan.

Di tempat yang sama, Kadis Pertanian Muna, La Ode Hamalin mengatakan saat ini jumlah tenaga penyuluh pertanian sebanyak 138 orang. Dengan adanya inovasi terbaru, para penyuluh diharapkan bisa segera mensosialisasikannya kepada para petani.

“Mudah-mudahan inovasi terbaru akan meningkatkan panen jagung, padi dan kedelai di Muna,” tandasnya. (r1/aha)

To Top