Headline

Bupati/Wali Kota Harus Optimalkan APBD untuk Sejahterahkan Rakyat

NIRWAN/BERITA KOTA KENDARI
Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi didampingi Plt Wali Kota Kendari, Zulkarnain usai memimpin upacara bendera di Pemkot Kendari, Senin (12/3).

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi bersama dengan seluruh kepala daerah kabupaten/kota di Sultra.

Dalam rapat tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi memita kepada walikota dan Bupati se-Sultra untuk mendukung dirinya sebagai Pj Gubernur Sultra dalam menjalankan tugas kepemerintahan terutama mensukseskan Pemilahan Kepala Daerah (Pilkad) 2018 ini.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sultra, Kusnadi, di kantor GUbernur Sultra, Senin (12/3).

“Beliau inginkan ada sinergitas, konektivitas antara Pemerintah provinsi Sultra dan Pemerintah Kabupaten dan Kota terkait tata kelola pemerintahan di daerah itu,” kata Kusnadi.

Pj Gubernur mengatakan saat ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 ini sudah berjalan, bagaimana walikota dan bupati bisa mengoptimalkan anggaran itu sesuai dengan peruntukannya dalam pembagunan terkhusus untuk kesejahteraan masyarakat Sultra.

“Olehnya itu, Pj Gubernur Sultra berharap kepada Gubernur yang terpilih nantinya pada Pilkada 2018 ini bisa melanjutkan pembangunan yang ada di Sultra,” katanya.

Pak Pj Gubernur Sultra juga berharap, kata Kusnadi, penyelenggaraan Pilkada 2018 ini bisa berjalan lancan, aman dan bermartabat.

“Beliau meminta kepada pihak terkait untuk mengawal lebih ketat Pilkada 2018 ini, baik itu telah dan sedang berlangsung,”katanya.

Beliau optimis, kata Kusnadi, dalam Pilkada ini akan berjalan lancar, tidak ada lagi namanya Pemilihan Suara Ulang (PSU) baik itu Pilkada Bupati, Walikota maupun Gubernur Sultra.
Pimpin Upacara

Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain, mengundang Pejabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Teguh Setyabudi menjadi inspektur upacara di Kantor Wali Kota Kendari pada Senin (12/3).

Saat dikonfirmasi, Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi mengaku, dirinya sangat mengapresiasi upacara bendera yang dilangkan di Kantor Wali Kota Kendari. Menurutnya, pertemuan ini dapat dijadikan sebagai media untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, meningkatkan persatuan, rasa nasionalisme, patriotisme dan juang.

“Saya hadir dan menjadi inspektur upacara bendera di Kantor Wali Kota Kendari, karena Plt Wali Kota Kendari mengundang saya menjadi inspektur upacara hari ini (Senin, red). Untuk itu, saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya,” ujarnya.

Ia mengaku, ini adalah wujud kebersamaan hubungan tata kelola pemerintahan yang baik. Hubungan tata kelola pemerintahan yang baik bukan hanya antara pemerintah pusat dan daerah, tetapi juga harus diwujudkan dalam hubungan tata kelola pemerintahan antara pemerintah provinsi (Pemprov) dan kabupaten kota di wilayahnya.

“Sangat banyak hal yang bisa diraih dalam kesempatan ini. Karena, sebelum upacara berlangsung saya berkesempatan berbincang bersama Plt Wali Kota Kendari dan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekot) Kota Kendari Indra Muhammad. Tentu yang kami perbincangkan akan membawa itikad baik yakni komitmen untuk bersama-sama membangun tata kelola pemerintahan yang baik khususnya di kota Kendari,” paparnya.

Sebab, lanjut dia, sebenarnya Pemkot Kendari tidak semata-mata urusan Pemkot saja, karena Kota Kendari merupakan ibukota Provinsi Sultra dan menjadi teras etalase utama.

“Olehnya itu, kami (Pemprov Sultra) juga harus mampu menangani apa yang menjadi kewenangannya, mampu memberi support, dan memvalidasi urusan-urusan yang menjadi kewenangan Pemkot Kendari. Inilah yang harus dijalankan secara sama-sama,” tandasnya.

Apa lagi, sebut dia, dalam peraturan pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Dalam aturan itu, lanjut dia, Gubernur adalah wakil pemerintah pusat yang berwenang melakukan pembinaan dan penyelenggaran pemerintahan daerah di lingkungan kabupaten dan kota dilingkungan itu.

“Oleh karena itu, sudah seharusnya Pemprov Sultra harus secara kontinyu melakukan pembinaan terhadap pemerintah kabupaten dan kota dilingkungan atau di wilayahnya,” tambahnya.

Sementara Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain mengatakan, memang Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi akan menjadi inspektor upacara di semua kabupaten kota se-Sultra.

“Selama ini upacara di Kantor Wali Kota Kendari selalu dipimpin Plh Sekot Kendari, tetapi sesekali jika ada informasi penting yang mesti kita sampaikan langsung seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari biasanya inspektur upacara bergantian,” tambahnya. (cr6-m2/lex)

To Top