Lingkar Sultra

42 Penjabat Kades Dilantik

VELY SARMAN/BERITA KOTA KENDARI
SEKRETARIS Daerah Konawe Utara, Marthaya K Supardi melantik 42 penjabat kepala desa di Aula Anawaingguluri, Senin (12/3).

WANGGUDU, BKK- Sebanyak 42 penjabat (Pj) kepala desa se-Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang sempat tertunda akhirnya terlaksana pada Senin (12/3). Para Pj Kades ini dilantik oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Martaya K Supardi, di Aula Anawaingguluri.

Mereka yang dilantik merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Konut, untuk mengisi jabatan kepala desa yang berakhir masa jabatannya pada Februari lalu. Pengangkatan puluhan PNS tersebut merujuk pada surat keputusan (SK) Bupati Konut Nomor 105/2018 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Penjabat Kepala Desa tahun 2018 dengan batas waktu sampai pelantikan kepala desa terpilih. Serta SK Bupati Konut Nomor 106/2018 tentang pemberhentian dari jabatan Kepala Desa.

Mewakili Ruksamin, Sekda Konut, Marthaya menekankan agar para penjabat mampu berakselarasi dalam pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, Marthaya berpesan agar penjabat yang baru dilantik tidak terlibat dalam politik praktis.

Tak hanya itu, peran istri para penjabat pun jadi sorotan mantan Kadis Kesehatan Konut ini. Para istri penjabat yang nantinya menjadi ketua PKK di desa diminta agar mendukung penuh suami dalam pembangunan desa. Bukan malah memberikan bisikan-bisikan negatif kepada suami.

“Bangunkan jiwa dan badannya untuk kebaikan daerah, sekarang Kades sebagai perpanjangan tangan Bupati di desa. Setiap kejadian harus segera diketahui, jangan keduluan oleh bupati lebih dulu tahu kejadiannya. Bekerjalah, jangan karena dilihat oleh Sekda, oleh Bupati baru mau bekerja,” pintanya.

Untuk diketahui, tahun 2018 ini, sebanyak 47 kepala desa di Konut memasuki akhir masa jabatan. Sebanyak 42 diantaranya berakhir pada Februari dan 5 kades lainnya berakhir pada November mendatang. (cr12/aha)

To Top