PKK Bombana akan Tiru Metode Industri Kerajinan di Lombok – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

PKK Bombana akan Tiru Metode Industri Kerajinan di Lombok

KETUA TP-PKK Bombana Hj Andi Nirwana Tafdil saat melihat kerajinan tangan dari tanah liat khas Lombok.

RUMBIA, BKK- Tim Penggerak PKK Bombana akan mengaplikasikan cara mengembangkan industri kerajinan di Lombok untuk industri yang sama di Bombana. Dalam lawatannya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, 4 – 8 Maret lalu, setidaknya ada dua hal yang menjadi perhatian PKK, yakni kerajinan tanah liat tenunan tradisional Lombok.

Dua produk ini dinilai bisa ditiru untuk pengembangan industri kerajinan di Bombana lantaran memiliki aspek kesamaan terkait properti atau bahan baku yang digunakan. “Produk kerajinan Lombok ini sudah go internasional. Di sana kerajinan sudah dijadikan industri rumah tangga. Jadi banyak spot-spot atau titik-titik kegiatan di sana. Pertanyaannya, kenapa tidak kita kembangkan juga di Bombana. Apalagi kita juga punya bahan baku yang sama,” kata Ketua PKK Bombana, Andi Nirwana Tafdil, Minggu (11/3).

Ketua Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Bombana ini melanjutkan,
di Lombok, rombongan PKK Bombana ini meninjau kerajinan tanah liat di Desa Banyimulok, Kecamatan Kediri, Kota Mataram. Di lokasi kerajinan ini, tim belajar terkait prosedur hingga cara pembuatan aneka keramik yang terbuat dari tanah liat.

Dari Bunyimulok, tim melanjutkan perjalanannya ke Desa Puyung, Kecamatan Jonggap, Lombok Tengah. Terkenal sebagai lokasi tenun tradisional unggulan, Tim PKK langsung berdiskusi seputar tenun khas daerah. Diantaranya, terkait produksi, bahan dan corak, hingga motif dan pola pemasaran.

“Ini bagian dari rangkaian kami Ke Lombok. Selain bintek pengembangan kapasitas lembaga. Peserta juga meninjau pusat kerajinan di sana. Bagi peserta ini penting, karena ada kesamaan Bombana dengan Lombok. Di Bombana juga punya tanah liat, juga punya tenunan khas. Ilmu dari Lombok yang produknya sudah ke mancanegara ini, bisa ditiru oleh para pengrajin Bombana,” harap Nirwana. (k3/aha)

To Top