Lingkar Sultra

Pemda Muna Cari Dana untuk Bangun Stadion Baru

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
KETUA KONI Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba, Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, Ketua KONI Muna La Ode Diyrun, usai pelantikan pengurus KONI Muna, akhir pekan lalu di Raha.

RAHA, BKK- Pemerintah Kabupaten Muna berkomitmen untuk memajukan dunia olah raga di Muna. Komitmen itu akan dibuktikan dengan membangun satu stadion berstandar nasional.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengungkapkan pembangunan stadion baru itu sudah bukan lagi sekadar rencana. Tahun ini, Pemkab Muna sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk persiapan lahan di pinggir laut.

“Kita sudah menyiapkan dana sebesar 1,5 M dalam APBD tahun 2018. Untuk membangun stadion yang baru, tentunya dana ini belum cukup. Kita butuh sekitar 60 M. Jadi kita akan mencari dana dari pos lain, terutama dari Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Bupati Muna pada acara pelantikan pengurus KONI Muna, di Aula Rujab Galampano Kantolalo, akhir pekan lalu.

Dia juga optimis melihat susunan kepengurus KONI Muna yang baru. Menurutnya jajaran pengurus diduduki oleh orang-orang yang tak diragukan kemampuannya untuk membawa Muna berprestasi di dunia olahraga, terutama pada Pekan Olahraga Provinsi Sultra nanti.

“Saya optimis kita akan jadi juara di Porprov Kolaka,” katanya.

Ketua KONI Sultra Lukman Abunawas mengakui Kabupaten Muna memiliki banyak atlet yang berkualitas nasional maupun internasional. Kata Lukman, cabor Dayung menjadi salah satu cabor unggulan mengingat penyumbang atlet terbanyak berasal dari Muna.

“Saat Porprov tahun 2011 di Konawe Selatan sebetulnya Kabupaten Muna sebagai juara umum. Karena berbicara atlit berprestasi semua asli dari Muna. Beda halnya dengan daerah lain banyak atlet impornya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Muna LA Ode Diyrun menargetkan Muna akan menjadi juara umum, dalam Porprov Sultra XIII, yang akan digelar di Kolaka pada Desember mendatang. Dalam pandangannya, Muna selalu meraih prestasi di ajang Porprov, menduduki peringkat kedua pada Porprov XI di Konawe Selatan pada 2011 lalu dan peringkat kelima pada Porprov XII di Buton Utara.

“Berdasarkan catatan tersebut, kami menyatakan tekad untuk mengembalikan kejayaan olahraga Kabupaten Muna, untuk menjadi juara umum dalam Porprov ke-13 di Kolaka,” tegas Laode Dyrun optimis. (r1/aha)

To Top