Lingkar Sultra

Fery Bahteramas dan Kapal Besi Dukung Pelaksanaan MTQ

BURANGA, BKK- Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlangsung di Buton Utara (Butur) tanggal 18–28 Maret 2018, armada penyeberangan kapal fery rute Amolengo-Labuan akan ditambah satu unit. Penambahan armada itu dimaksudkan untuk mempermudah mobilisasi para kafilah dari berbagai daerah, yang melakukan perjalanan darat.

Armada tambahan yang akan beroperasi itu merupakan kapal Fery Bahteramas. Kapal Bahteramas sendiri diketahui cukup besar untuk menampung kendaraan roda empat maupun roda dua.

Dengan beroperasinya kapal Bahteramas itu, otomatis trip akan bertambah. Kapal itu direncanakan akan mulai beroperasi tanggal 15 Maret 2018.

Kabag Humas dan Protokol Pemda Butur, Sadiking saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Minggu (11/3) mengatakan, pihaknya sudah melaporkan penambahan satu unit fery Bahteramas untuk mendukung mobilisasi peserta dari luar daerah.

Dia melanjutkan, kafilah yang akan menyeberang melalui jalur laut akan diakomodasi dengan penambahan kapal besi yang cukup besar. “Kalau lewat jalur laut, selain kapal kayu seperti kapal Aksar juga akan dioperasikan kapal besi. Kapal besi ini akan beroperasi juga mulai tanggal 15 Maret ini. Star pagi dari Kendari,” terangnya.

Selanjutnya, jalur darat dari Baubau-Butur telah dilakukan perbaikan, khususnya jalan yang berlubang kini dalam proses penambalan. “Jalan-jalan yang berlubang diperbaiki, begitu juga dengan jembatan yang rusak diperbaiki. Jalan lingkar dari Labuan-Wa Ode Buri, ini juga masih proses penambalan,” jelasnya.

Dengan demikian, bagi kafilah maupun masyarakat yang ingin datang di Butur untuk menyaksikan event MTQ, tak perlu khawatir dengan jalur transportasi darat maupun laut. “Kita sudah antisipasi semuanya. Intinya Buton Utara berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan pelayanan yang baik pula kepada kafilah,” ujarnya. (cr10/aha)

To Top