Beranda

PDIP Ambisi Merebut Kursi Ketua DPRD dari PAN

PAN vs PDIP

KENDARI, BKK- Momentum Pemilihan Legislatif (Pilleg) 2019 mendatang, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) menargetkan posisi kursi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPRD) Kota Kendari milik partainya.

Hal ini diungkapkan Sekertaris DPC PDIP Kota Kendari La Ode Lawama.

Ia menjelaskan, adanya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang baru berkait mekanisme penerimaan anggota legislatif (aleg) dengan suara partai terbanyak sangatlah menguntungkan pihaknya, karena ada beberapa daerah pemilihan (dapil) yang diklaim sebagai tempat mendulang suara terbanyak.

“Dapil Poasia-Abeli dan Dapil Puuwatu-Mandonga kita terget masing-masing dua kursi dan untuk dapil lain cukup satu. Dari jumlah ini, maka kursi Ketua DPRD menjadi mutlak kami dapatkan,” jelasnya.

Memuluskan langkah itu, lanjut anggota Komisi III DPRD Kota Kendari, pihaknya telah mempersipakan beberapa kriteria calon yang akan disusung, seperti, integritas dan komitmen membesarkan partai serta memiliki basis dan potensi.

Untuk pendaftarannya sendiri, akan mulai dibuka dalam waktu dekat dan terbuka untuk umum baik simpatisan atau kader.

“Calon yang diusung akan disekolahkan ke Jakarta terlebih dahulu, sehingga ketika tampil lebih matang dalam segala hal, termasuk memenangkan pertarungan,” paparnya.

Di lain pihak, PAN Kota Kendari juga memiliki terget yang sama dengan PDIP namun konteksnya mempertahankan bukan merebut.

Sekertaris DPD PAN Kota Kendari H Samsuddin Rahim ditemui ditempat terpisah menuturkan, pihaknya juga optimis bisa mempertahankan posisi Ketua DPRD Kota Kendari diwakili PAN.

“Kader PAN itu teruji. Jadi, bagaimanapun mekanismenya kita pasti bisa mempertahankan posisi kursi ketua,” katanya.

Ia memaparkan, kondisi yang terjadi saat ini tidaklah berpengaruh pada proses Pilleg 2019 nanti, sebab momentum pilleg tidak sepenuhnya menjual partai, tapi nilai jualnya ada pada sumber daya manusianya (SDM) atau figur yang mencalonkan.

“Kita punya SDM yang matang dan berintegritas serta teruji, jadi niatan PDIP bisa menjadi sulit untuk menggeser PAN,” pungkasnnya. (cr5/iis)

To Top